PENGEMBANGAN APLIKASI GUIDE BASIC LIFE SUPPORT ( BLS ) BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETEPATAN RITME, KECEPATAN KOMPRESI DADA DAN VENTILASI PADA PENANGANAN OUT HOSPITAL CARDIAC ARREST ( OHCA )

Candra Adi Wirawan, NIM.131614153033 (2018) PENGEMBANGAN APLIKASI GUIDE BASIC LIFE SUPPORT ( BLS ) BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETEPATAN RITME, KECEPATAN KOMPRESI DADA DAN VENTILASI PADA PENANGANAN OUT HOSPITAL CARDIAC ARREST ( OHCA ). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 47_18 Wir p ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 47_18 Wir p.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, harus dibekali dengan kemampuan pelayanan gawat darurat dasar untuk menunjang sistem pelayanan kesehatan yang optimal. Kemampuan perawat dalam melakukan pijat jantung atau BLS masih dibawah 50%. Pentingnya meningkatkan kemampuan perawat untuk menurunkan angka kematian akibat kasus cardiac arrest yang kurang cepat terhadap tata laksana BLS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi Guide basic life support (BLS) berbasis android dalam penanganan Out Hospital cardiac arrest (OHCA) perawat IGD Puskesmas Metode : Penelitian ini menggunakan metode R & D. Data dikumpulkan melalui kuesioner pengetahuan sikap dan psikomotor BLS kepada 50 perawat UGD Puskesmas untuk pengembangan aplikasi, kemudian dilakukan uji coba dan evaluasi. Evalasi dilakukan dengan metode quasi experiment dengan teknik simpel random sampling untuk mendapatkan 25 responden pada masing-masing kelompok. Hasil: Hasil penelitian adalah sebuah aplikasi Guide basic life support (BLS) berbasis android. Wilcoxon Test kelompok perlakuan menunjukan variabel ketepatan (p = 0,000) dan kecepatan (p = 0,000), Mann Whitney Test didapatkan variabel ketepatan (p = 0,000) dan kecepatan (p = 0,000). Kesimpulan : Aplikasi Guide basic life support (BLS) berbasis android dapat meningkatkan ketepatan dan kecepatan perawat dalam melakukan BLS.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 47/18 Wir p
Uncontrolled Keywords: BLS, OCHA, Nursing.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Candra Adi Wirawan, NIM.131614153033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantTintin Sukartini, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantLaily Hidayati, S.Kep.,NS M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 03 Jan 2019 06:22
Last Modified: 03 Jan 2019 06:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77533
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item