PERAN PEMBIAYAAN AKAD QARDHUL HASAN TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG (STUDI KASUS:PENERIMA PROGRAM PINJAMAN BEBAS RIBA YAYASAN ROMBONG SEDEKAH)

WAHYU TRI WULANDARI, 041311433056 (2018) PERAN PEMBIAYAAN AKAD QARDHUL HASAN TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG (STUDI KASUS:PENERIMA PROGRAM PINJAMAN BEBAS RIBA YAYASAN ROMBONG SEDEKAH). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img] Text (ABSTRAK)
FEB EI 102-18 WUL P - ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 102-18 WUL P.pdf
Restricted to Registered users only until 3 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang peran pembiayaan akad qardhul hasan melalui program pinjaman bebas riba pada Yayasan Rombong Sedekah Jombang apakah dapat meningkatkan kesejahteraan para pedagang super mikro. Akad qardhul hasan merupakan akad dimana si peminjam tidak dituntut untuk mengembalikan apapun kecuali modal pinjaman, tetapi peminjam diperbolehkan memberikan sebagian keuntungannya kepada pemberi pinjaman berupa hadiah atau hibah tapi dengan satu syarat, tidak boleh ada perjanjian di muka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mewawancarai 10 informan. Penelitian ini menunjukkan bahwa akad qardhul hasan pada program pinjaman bebas riba berdampak dalam meningkatkan kesejahteraan para pedagang, dan berdasarkan indikator maqashid syariah para pedagang tersebut telah merasakan dampak perubahan pada hidupnya, yaitu menjalankan ibadah sholat 5 waktu, mengenyam pendidikan yang layak, bertanggung jawab kepada keturunannya, memenuhi kebutuhan lahir maupun batin dengan cara mengikuti pengajian yang diadakan oleh yayasan, dan mengalami peningkatan pada pendapatannya sejak mengikuti program pinjaman bebas riba, selain itu mereka juga tidak lagi meminjam kepada rentenir atau peminjaman yang bersifat ribawi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FEB EI 102/18 Wul p
Uncontrolled Keywords: QARDHUL HASAN, YAYASAN, KESEJAHTERAAN,DAN MAQASHID SYARIAH
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU TRI WULANDARI, 041311433056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSUNAN FANANI, S.Ag., M.Pd.IUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 03 Jan 2019 08:39
Last Modified: 03 Jan 2019 08:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77548
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item