NINDIA EKA SAVITRI SANTOSA, 041414353015
(2018)
FORMULASI STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN PERDAGANGAN KAYU
STUDI KASUS: CV. X.
Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan pada perusahaan dagang
agribisnis di Jawa Timur. CV. X sebagai perusahaan dagang dihadapkan pada
tantangan untuk selalu dapat menyediakan bahan baku bagi kustomernya, yang disini
merupakan kayu sengon. Tantangan lainnya adalah ancaman pesaing bagi
perusahaan.
Penelitian ini menggunakan analisis internal dan eksternal untuk
mengidentifikasi faktor-faktor yang berpotensi paling mempengaruhi pencapaian
tujuan perusahaan. Penelitian menggali informasi langsung dari narasumber
menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Penelitian ini kemudian berusaha
untuk menemukan posisi strategik perusahaan sesuai konsep internal external (IE)
matrix serta memberikan rekomendasi formulasi strategi dengan konsep strategi
diamond.
Hasil penelitian ini menunjukkan posisi strategic CV. X adalah Growth and
Build. Strategi yang bisa dikembangkan oleh perusahaan adalah backward integration
dan intensive strategy, yakni melakukan pengembangan produk eksisting dan
mengembangkan pasar dengan melakukan penetrasi pasar. Selain itu juga dirumuskan
strategi bisnis perusahaan bedasarkan konsep strategi diamond meliputi arena,
vehicle, differentiators, staging, dan economic of logic.
Actions (login required)
|
View Item |