HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN, PENGAWASAN, DAN KOMUNIKASI K3 DENGAN KEPATUHAN STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE PEKERJAAN DI KETINGGIAN PADA PEKERJA PT PAL INDONESIA (PERSERO) SURABAYA

IKE ANDINI FERDAYANTI, 101614253009 (2018) HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN, PENGAWASAN, DAN KOMUNIKASI K3 DENGAN KEPATUHAN STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE PEKERJAAN DI KETINGGIAN PADA PEKERJA PT PAL INDONESIA (PERSERO) SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TKK. 16-18 Fer h Abstrak.pdf

Download (24kB)
[img] Text (Fulltext)
TKK. 16-18 Fer h.pdf
Restricted to Registered users only until 4 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepatuhan pekerja terhadap SOP K3 pada pekerjaan di ketinggian merupakan salah satu faktor yang mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan dan keselamatan pekerja, hal ini karena pekerjaan di ketinggian merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki potensi terjadinya kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan tipe kepribadian, pengawasan dan komunikasi K3 dengan kepatuhan SOP K3 di PT. PAL Indonesia (Persero) Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Berdasarkan pengumpulan datanya, penelitian ini termasuk penelitian cross sectional. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah umur, masa kerja, tingkat pendidikan, pengetahuan, tipe kepribadian, pengawasan dan komunikasi K3. Populasi penelitian adalah pekerja pada pekerjaan di ketinggian divisi pemeliharaan dan perbaikan. Besar sampel sama dengan jumlah populasi yaitu 40 orang. Pengumpulan data dengan cara observasi langsung menggunakan kuesioner dan tabel checklist berdasarkan Standard Operational Procedure (SOP) yang berlaku di PT. PAL Indonesia (Persero) Surabaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan hubungan antara umur, masa kerja, tingkat pendidikan serta tipe kepribadian lemah terhadap kepatuhan SOP K3. Pengetahuan, pengawasan serta komunikasi K3 memiliki kekuatan hubungan yang kuat terhadap kepatuhan SOP K3. Perlu adanya pembuatan SOP pekerjaan di ketinggian yang baru, karena hasil temuan di lapangan berupa ijin bekerja di ketinggian bukan SOP pekerjaan di ketinggian. Perlu peningkatan komitmen dari pengawas untuk meningkatkan kualitas pengawasan K3 di lapangan serta sertifikasi pekerjaan di ketinggian guna meningkatkan pengetahuan pekerja tentang pekerjaan di ketinggian. Perlu adanya pengawasan terhadap pemasangan safety sign terkait pembatasan wilayah kerja di area kerja serta pemberian materi K3 yang lebih menarik saat safety briefing.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKK. 16-18 Fer h
Uncontrolled Keywords: Tipe kepribadian, pengawasan, komunikasi, kepatuhan, pekerjaan di ketinggian.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
IKE ANDINI FERDAYANTI, 101614253009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNoeroel Widajati, Dr., S.KM., M.ScUNSPECIFIED
Thesis advisorTjipto Suwandi, Prof. Dr., dr., M.OH., Sp.OKUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jan 2019 05:17
Last Modified: 04 Jan 2019 05:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77584
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item