PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI ASUHAN KEPERAWATAN DALAM FORMAT CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI PADA PASIEN DIABETES MELLITUS

TIARA PUTRI RYANDINI, NIM. 131614153107 (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI ASUHAN KEPERAWATAN DALAM FORMAT CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI PADA PASIEN DIABETES MELLITUS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 50_18 Rya p ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 50_18 Rya p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Evaluasi asuhan keperawatan dalam format catatan perkembangan pasien terintegrasi pada 287 dokumen rekam medis menunjukkan bahwa belum sesuai dengan standar nasional akreditasi Rumah sakit (SNARS). Hal tersebut seperti yang terjadi di RSUD. dr. R. Koesma Tuban. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun pengembangan instrumen evaluasi asuhan keperawatan dalam format catatan perkembangan pasien terintegrasi pada pasien Diabetes Mellitus. Metode: Desain penelitian ini adalah Research and Development. Populasi tahap 1 adalah 287 dokumen rekam medis dan 9 partisipan. Populasi tahap 2 adalah 40 dokumen rekam medis dan 8 responden. Partisipan dan sampel dipilih dengan purposive sampling. Analisa data menggunakan analisis deskriptif, analisis statistik product moment pearson correlation untuk uji validitas dan crobach alpha untuk uji reliabilitas. Hasil: Instrumen evaluasi asuhan keperawatan dalam format catatan perkembangan pasien terintegrasi pada pasien Diabetes Mellitus di ruang rawat inap RSUD. dr. R. Koesma Tuban sesuai standar, kegiatan FGD dinyatakan valid dan reliabel, hasil pelatihan pengisian instrumen membuat seluruhnya (100%) perawat memiliki kemampuan baik dan instrumen tersebut dinyatakan baik oleh seluruh perawat (100%). Pembahasaan dan Kesimpulan: pengembangan instrumen evaluasi asuhan keperawatan dalam format catatan perkembangan pasien terintegrasi pada pasien Diabetes Mellitus hasil dari kegiatan FGD yaitu berupa penggabungan instrumen A Depkes (2005) dan SNARS secara dalam segi konten, bahasa dan akurasi serta sistematis penyusunan berdasarkan FGD dan diskusi pakar berupa pengisian dalam metode SOAP ke dalam format catatan perkembangan pasien terintegrasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 50/18 Rya p
Uncontrolled Keywords: catatan perkembangan pasien terintegrasi, soap, diabetes mellitus
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
TIARA PUTRI RYANDINI, NIM. 131614153107UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantNursalam, Prof. Dr., M.Nurs (Hons)UNSPECIFIED
ConsultantPuji Rahayu, S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 04 Jan 2019 06:48
Last Modified: 04 Jan 2019 06:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77599
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item