PENGARUH KEGEL EXERCISE TERHADAP INKONTINENSIA URIN, DISFUNGSI EREKSI, DAN KUALITAS HIDUP PADA KLIEN POST TURP DI RS MUHAMMADIYAH LAMONGAN

YANI ERNIYAWATI, NIM. 131614153049 (2018) PENGARUH KEGEL EXERCISE TERHADAP INKONTINENSIA URIN, DISFUNGSI EREKSI, DAN KUALITAS HIDUP PADA KLIEN POST TURP DI RS MUHAMMADIYAH LAMONGAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 51_18 Ern p ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 51_18 Ern p.PDF

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Inkontinensia urin merupakan kondisi komorbid yang sering terjadi pada klien post TURP. Skor inkontinensia urin rendah ditemukan pada klien post TURP yang melakukan kegel exercise. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh kegel exerciseterhadap inkontinensia urin, disfungsi ereksi, dan kualitas hidup pada klien post TURP. Metode: Desain penelitian ini adalah true exsperiment pre-post test control group design. Besar sampel sebanyak 32 orang yang terpilih secara systematic random sampling, terdiri dari 16 orang kelompok kontrol dan 16 orang kelompok perlakuan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kegel exercise dan variabel dependen yaitu inkontinensia urin, disfungsi ereksi, dan kualitas hidup. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, inkontinesia urin dengan ICIQ-UI-SF, disfungsi ereksi dengan IIEF-5, dan kualitas hidup dengan WHOQOL-BREF Analisis inferensial yang digunakan uji statistik t-Test ( Independen t-Test dan Paired t-Test), MANOVA dengan tingkat kemaknaan α < 0,05. Hasil dan analisis: hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegel exercise menurunkan skor inkontinensia urin dengan tingkat kemaknaan p=0,000, 2) Kegelexercise meningkatkan skor disfungsi ereksi dengan tingkat kemaknaan p=0,009, dan 3) Kegel exercise meningkatkan skor kualitas hidup dengan tingkat kemaknaan p=0,024. Diskusi dan Kesimpulan: Kegel exercise dapat membangun masa otot pubbococegeus, memperlancar sirkulasi darah, dan memperbaiki otot bulbocavernosus dan otot iskhiakavernosus. Penelitian lanjutan diperlukan untuk menggunakan intervensi kegel exercise sebagai solusi untuk mengurangi inkontinensia urin, meningkatkan fungsi ereksi dan kualitas hidup klien post TURP pada populasi yang lebih luas dengan meningkatkan jangkauan populasi penelitian serta lebih meningkatkan pengawasan latihan klien.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 51/18 Ern p
Uncontrolled Keywords: kegel exercise, inkontinensia urin, disfungsi ereksi, kualitas hidup, klien post TURP
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC870-923 Diseases of the genitourinary system. Urology
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
YANI ERNIYAWATI, NIM. 131614153049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantKusnanto, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantPadoli, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 04 Jan 2019 07:04
Last Modified: 04 Jan 2019 07:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77602
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item