PENGARUH SPIRITUAL CARING DENGAN MUROTTAL TERHADAP STRES, CEMAS, DAN DEPRESI PADA PASIEN KANKER SERVIKS STADIUM IIIB YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

Imam Tri Sutrisno, NIM. 131614153028 (2018) PENGARUH SPIRITUAL CARING DENGAN MUROTTAL TERHADAP STRES, CEMAS, DAN DEPRESI PADA PASIEN KANKER SERVIKS STADIUM IIIB YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 53_18 Sut p ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 53_18 Sut p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kemoterapi merupakan terapi farmakologi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang menyerang tubuh, kemoterapi menjadi pengobatan prioritas pada kasus kanker sejak tahun 50-an, angka kesuksesan terapi ini juga cukup besar dan terbukti memberikan pengaruh besar terhadap penurunan keganasan sel kanker serviks. Metode: Desain penelitian menggunakan Quasy Eksperiment pretest posttest dengan kelompok kontrol, populasi penelitian 81 pasien kanker serviks yang menjalani kemoterapi, pengambilan sampel dengan simple Random sampling didapatkan besar sampling 40 pasien di Poli Onkologi Satu Atap (POSA) RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Responden dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing kelompok 20 responden. Kelompok perlakuan mendapat spiritual caring dengan murottal, kelompok kontrol mendapat terapi standart rumah sakit. Stres, cemas, dan depresi diukur menggunakan depression anxiety stres scale (DASS). Hasil dan Analisis: Hasil uji paired t test variabel stres, cemas, dan depresi pada kelompok perlakuan didapatkan nilai p=0,000, artinya secara umum ada pengaruh intervensi murottal terhadap penurunan stres, cemas, dan depresi. Hasil menunjukkan pada uji MANOVA p= 0.015 (p<0,05), sehingga dinyatakan ada perbedaan stres, cemas, dan depresi antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Uji tests of between-subjects effect kelompok perlakuan dan kelompok kontrol didapatkan nilai p value = 0.003, yang berarti spiritual caring dengan murottal memiliki pengaruh yang kuat terhadap variabel stres, hal ini dibuktikan dengan nilai observed powered = 85%. Kesimpulan: Spiritual caring dengan murottal dapat menurunkan tingkat stres, cemas, dan depresi pada pasien kanker serviks stadium IIIB yang menjalani kemoterapi di RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 53/18 Sut p
Uncontrolled Keywords: Spiritual caring, Al Qur’an, Ar-Rahman, Stres, Cemas, Depresi, Kemoterapi, Kanker Serviks.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Creators:
CreatorsNIM
Imam Tri Sutrisno, NIM. 131614153028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantBudi Santoso, Prof. Dr., dr.,Sp.OG(K)UNSPECIFIED
ConsultantEsti Yunitasari, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 04 Jan 2019 07:31
Last Modified: 04 Jan 2019 07:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77606
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item