EFEKTIVITAS WEBSITE TRAVELOKA (Studi Deskriptif tentang Efektivitas Website Traveloka terhadap Kepuasan Kebutuhan Informasi Harga Promo Tiket)

Irza Sofinur Masyitha, 071310213098 (2018) EFEKTIVITAS WEBSITE TRAVELOKA (Studi Deskriptif tentang Efektivitas Website Traveloka terhadap Kepuasan Kebutuhan Informasi Harga Promo Tiket). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text (Fulltext)
FV PW 72 18 Mas e.pdf
Restricted to Registered users only until 7 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Traveloka adalah sebuah perusahaan reservasi tiket pesawat dan hotel dimana pengguna dapat melakukan pemesanan pada situs Traveloka.com. Traveloka menggunakan konsep pemasaran berbasis online melalui website sebagai sarana mengkomunikasikan produk-produk perusahaan kepada publiknya. Semakin baik efektifitas website Traveloka tersebut diharapkan mampu menambah kepuasan kebutuhan konsumen akan informasi harga promosi tiket. Efektivitas ini merupakan komunikasi yang prosesnya mencapai tujuan yang direnacnakan untuk memuaskan pihak lain. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur efektifitas website traveloka terhadap kepuasan kebutuhan informasi harga tiket promo. Individual Differences Theory digunakan untuk menggambarkan kepuasan kebutuhan informasi sebagai sebuah perbedaan-perbedaan di antara individu individu sebagai sasaran media massa ketika mereka eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survey, dimana peneliti menyebarkan kuesioner pada 91 responden mahasiswa UNAIR. Dari perhitungan efektifitas website Traveloka sebesar 74,85% di kategorikan tinggi dan kepuasan kebutuhan informasi sebesar 75,91% dikategorikan tinggi. Analisis korelasi, antara variabel efektifitas website dengan variabel kepuasan kebutuhan informasi memiliki hubungan yang cukup kuat dan positif sebesar 0,534. Setelah dilakukan uji regresi linier sederhana dihasilkan persamaan Y = 13.881 + 0,475 X dengan hasil koefisien determinasi sebesar 28,51% yang menandakan bahwa kepuasan kebutuhan informasi harga promosi tiket positif dipengaruhi oleh efektifitas website traveloka sementara sisanya sebesar 71,39% dipengaruhi faktor lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa efektivitas website traveloka yang baik, memberikan dampak yang positif pada kepuasan kebutuhan informasi harga promosi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 72/18 Mas e
Uncontrolled Keywords: website; informasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Irza Sofinur Masyitha, 071310213098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono, S. Sos.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 07 Jan 2019 07:27
Last Modified: 07 Jan 2019 07:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77739
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item