Rizca Riva Alvysta, 071411533018 (2018) Pengaruh Video Testimonial oleh Youtuber Indonesia terhadap Citra Merek Handphone Vivo. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.83 18 Alv p.pdf Download (39kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.83 18 Alv p.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.83 18 Alv p.pdf Download (389kB) |
Abstract
Penelitian ini mengenai pengaruh video testimonial oleh Youtuber terhadap citra merek handphone Vivo. Kehadiran internet pada saat ini telah memberikan pilihan baru bagi komunikator pemasar untuk memperkenalkan mereknya. Pengguna internet di Indonesia yang dapat dikatakan sangat tinggi pada saat ini, menjadi peluang yang cukup baik untuk dimanfaatkan. Karena pertumbuhan penggunanya yang semakin meningkat, internet dapat menjadi media yang interaktif bagi strategi komunikasi pemasaran dan mulai menggeser media-media konvensional dalam kegiatan komunikasi pemasaran. Pengguna internet di Indonesia didominasi dari pengguna media sosial, terutama media YouTube. Dengan kepopuleran media YouTube, para content creator yang disebut Youtuber juga turut menjadi populer. Begitu banyaknya merek-merek handphone yang beredar di pasaran, membuat Vivo berusaha agar mereknya dapat berada di benak konsumen. Merek Vivo, sebagai merek handphone yang baru empat tahun terakhir masuk ke Indonesia, memanfaatkan media sosial YouTube serta fenomena Youtuber tersebut untuk mengiklankan mereknya. Berbeda dari iklan pada umumnya, Youtuber membuat video yang diunggah pada channelnya masing-masing, dengan pesan dalam bentuk testimonial, menunjukan kesan dari para Youtuber terhadap produk merek Vivo yang telah mereka gunakan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh video testimonial oleh Youtuber terhadap citra merek handphone merek Vivo. Populasi dalam penelitian ini adalah penonton video testimonial oleh Youtuber tentang handphone Vivo pada tahun 2017. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah non random sampling dengan cara purporsive sampling menggunakan responden dengan usia 15-35 tahun. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus formula Lemeshow, karena jumlah populasi yang tidak diketahui. Data diolah menggunakan uji analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 16. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, tipe eksplanatif dan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang penonton video testimonial oleh Youtuber tentang handphone merek Vivo. Data dianalisis dan diukur berdasarkan indikator-indikator periklanan menurut Frank Jefkins. Citra merek diukur melalui tingkatan arti citra merek oleh Philip Kotler. Hasil penelitian menunjukkan arah hubungan yang kuat antara variabel testimonial oleh Youtuber terhadap citra merek handphone Vivo yang bersifat positif (searah) dimana jika nilai video testimonial meningkat maka diikuti nilai citra merek handphone Vivo yang akan meningkat sebesar 1,052. Selain itu, didapatkan hasil pengaruh signifikan yang berarti menerima hipotesis yang mengatakan jika ada pengaruh antara video testimonial oleh Youtuber terhadap citra merek handphone Vivo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.K.83/18 Alv p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Iklan, Media YouTube, Testimonial, Youtuber, Citra Merek. | ||||||
Subjects: | N Fine Arts > NE Print media P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs Nadia Tsaurah | ||||||
Date Deposited: | 07 Jan 2019 07:22 | ||||||
Last Modified: | 07 Jan 2019 07:22 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77741 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |