CITRA POLITIK BASUKI TJAHAJA PURNAMA ATAU AHOK DALAM TAYANGAN TALKSHOW INDONESIA LAWYERS CLUB

MUTIARA KHOIRUN NISSA Y.R, 071411531039 (2018) CITRA POLITIK BASUKI TJAHAJA PURNAMA ATAU AHOK DALAM TAYANGAN TALKSHOW INDONESIA LAWYERS CLUB. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.87 18 Nis c.pdf

Download (107kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.87 18 Nis c.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.87 18 Nis c.pdf

Download (172kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada citra politik Basuki Tjahaja Purnama dalam tayangan Indonesia Lawyers Club yang kemudian dipilih pada dua episode. Pertama pada episode “DKI-1 Siapa Penantang Ahok?” Kemudian yang kedua merupakan episode “Ahok- dipusaran kasus rumah sakit sumber waras”. Basuki Tjahaja Purnama disini ditunjukan sebagai objek utama, peran Basuki Tjahaja Purnama dalam hal ini merupakan sebagai gubernur DKI jakarta dan juga sebagai tokoh politik. Kedua tayangan episode tersebut membahas tentang kebijakan dan tentang rencana pencalonan independen Basuki Tjahaja Purnama sebagai calon Gubernur DKI Jakarta periode berikutnya, kemudian penelitian ini juga untuk melihat bagaimana citra politik dari Basuki Tjahaja Purnama dikonstruksikan dalam tayangan tersebut. Secara khusus penelitian ini akan menganalisis bagaimana citra politik dari Basuki Tjahaja Purnama sebagai tokoh politik dan Gubernur DKI Jakarta dalam tayangan Indonesia lawyers Club dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce yaitu triangle meaning yang terdiri atas sign (tanda), object (objek), dan interpretant kemudian dalam penelitian ini juga menggunakan tiga unsur dari Peirce yang paling populer yaitu icon,index,symbol. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa citra politik Basuki Tjahaja Purnama dalam tayangan Indonesia Lawyers Club dikonstruksikan dan digambarkan sebagai seorang tokoh politik dan Gubernur DKI Jakarta yang memiliki citra politik yang baik , karena memiliki karakter serta power indentik dengan dirinya dan juga membuat kebijakan ketika menjadi gubernur yang berhasil serta diijadikan sebagai panutan bagi pemimpib lainnya dan juga memiliki citra politik yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.87/18 Nis c
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Citra Politik, Basuki Tjahaja Purnama, tayangan Indonesia Lawyers Club
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
MUTIARA KHOIRUN NISSA Y.R, 071411531039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Jan 2019 07:51
Last Modified: 07 Jan 2019 07:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77753
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item