DIKOTOMI IDENTITAS PEREMPUAN DALAM SINEMA INDOSIAR (STUDI SEMIOTIK DALAM SINEMA INDOSIAR BERJUDUL "APA SALAH MENCINTAI SUAMI ORANG" DAN "BOS SUAMIKU ORANG KETIGA")

Alif Wahyu Fidyati, 071411533011 (2018) DIKOTOMI IDENTITAS PEREMPUAN DALAM SINEMA INDOSIAR (STUDI SEMIOTIK DALAM SINEMA INDOSIAR BERJUDUL "APA SALAH MENCINTAI SUAMI ORANG" DAN "BOS SUAMIKU ORANG KETIGA"). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.88 18 Fid d.pdf

Download (331kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.88 18 Fid d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.88 18 Fid d.pdf

Download (525kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Dikotomi Identitas Perempuan Dalam Sinema Indosiar (Studi Semiotik Dalam Sinema Indosiar Berjudul “Apa Salah Mencintai Suami Orang “ Dan “Bos Suamiku Orang Ketiga”). Signifikansi pada penelitian ini terletak pada dikotomi identitas perempuan yang digambarkan oleh tokoh-tokoh perempuannya dalam FTV tersebut. FTV Sinema Indosiar memiliki kencederungan untuk menggolongkan identitas perempuan ke dalam dua identitas yakni antagonis dan protagonis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika John Fiske yang menjelaskan kode yang ditampilkan di televisi melalui tiga level realitas, level representasi, dan level ideologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat generelisasi dalam menggambarkan identitas perempuan. Perempuan dinilai sebatas dua identitas yakni antagonis dan protagonis . Dimana dalam kedua FTV tersebut menggambarkan perempuan yang memiliki identitas antagonis sebagai perempuan mandiri namun penggoda, agresif, egois dan mendominasi laki-laki. Sedangkan perempuan beridentitas protagonis memiliki reprsentasi sebagai perempuan muslimah. Mereka sangat dekat dengan simbol perempuan muslimah yang mencakup kesucian kesabaran, lemah lembut, dan keikhlasan. Mereka dilekatkan dengan ranah domestik yang membuat mereka mudah direndahkan dan ditindas. Dengan karakter itu pulahlah, mereka dengan mudahnya menerima kembali suami yang telah meencederai kesetiannya dan tidak mengakui eksistensinya .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.88/18 Fid d
Uncontrolled Keywords: Identitas, Perempuan, Semiotik, FTV, Sinema Indosiar.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Alif Wahyu Fidyati, 071411533011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Jan 2019 07:55
Last Modified: 07 Jan 2019 07:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77754
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item