Aditya Arganata, 071015102 (2018) REPRESENTASI IDENTITAS ANAK MUDA DALAM IKLAN LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE BERBASIS APLIKASI MOBILE (STUDI SEMIOTIKA TERHADAP IKLAN). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.93 18 Arg r.pdf Download (115kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.93 18 Arg r.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.93 18 Arg r.pdf Download (359kB) |
Abstract
Fokus penelitian ini ada pada representasi identitas anak muda yang ditampilkan dalam iklan layanan transportasi online berbasis aplikasi mobile. Peneliti ingin mengetahui bagaimana representasi identitas anak muda ini ditampilkan dalam tiga iklan berbeda (GO-JEK, GRAB, dan UBER) dengan jenis produk jasa yang serupa. Adapun yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini adalah seperti apa saja representasi identitas anak muda yang muncul di dalam iklan berdasarkan atribut yang dikenakan atau melekat pada tokoh dalam iklan, tata rias, teknik- teknik apa saja yang digunakan saat mengambil gambar melalui kamera, serta ideologi apa yang tampak dari representasi tersebut. Peneliti juga menggunakan tinjauan pustaka seperti iklan, identitas, anak muda dan teknologi, representasi dan semiotik. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode analisis semiotik milik John Fiske (1978) yang mengkaji tentang produk audio visual melalui 3 level yaitu : level realitas, level representasi dan level ideologi. Analisis yang telah dilakukan peneliti menghasilkan tiga temuan mengenai representasi identitas anak muda dalam iklan layanan transportasi online berbasis aplikasi mobile. Pertama, identitas anak muda yang tampak dalam iklan GO-JEK adalah sosok perempuan muda yang aktif, modern, dan mandiri. Kedua, anak muda dalam iklan GRAB ini digambarkan sebagai sosok yang melek teknologi dan terpelajar (smart). Ketiga, sosok anak muda yang tampak dalam iklan UBER ini lekat dengan konsep maskulinitas dimana sosok pria identik dengan imaji kejantanan, ketangkasan, keperkasaan, dan ulet.
Actions (login required)
View Item |