REPRESENTASI IDENTITAS ANAK MUDA DALAM IKLAN LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE BERBASIS APLIKASI MOBILE (STUDI SEMIOTIKA TERHADAP IKLAN)

Aditya Arganata, 071015102 (2018) REPRESENTASI IDENTITAS ANAK MUDA DALAM IKLAN LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE BERBASIS APLIKASI MOBILE (STUDI SEMIOTIKA TERHADAP IKLAN). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.93 18 Arg r.pdf

Download (115kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.93 18 Arg r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.93 18 Arg r.pdf

Download (359kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini ada pada representasi identitas anak muda yang ditampilkan dalam iklan layanan transportasi online berbasis aplikasi mobile. Peneliti ingin mengetahui bagaimana representasi identitas anak muda ini ditampilkan dalam tiga iklan berbeda (GO-JEK, GRAB, dan UBER) dengan jenis produk jasa yang serupa. Adapun yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini adalah seperti apa saja representasi identitas anak muda yang muncul di dalam iklan berdasarkan atribut yang dikenakan atau melekat pada tokoh dalam iklan, tata rias, teknik- teknik apa saja yang digunakan saat mengambil gambar melalui kamera, serta ideologi apa yang tampak dari representasi tersebut. Peneliti juga menggunakan tinjauan pustaka seperti iklan, identitas, anak muda dan teknologi, representasi dan semiotik. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode analisis semiotik milik John Fiske (1978) yang mengkaji tentang produk audio visual melalui 3 level yaitu : level realitas, level representasi dan level ideologi. Analisis yang telah dilakukan peneliti menghasilkan tiga temuan mengenai representasi identitas anak muda dalam iklan layanan transportasi online berbasis aplikasi mobile. Pertama, identitas anak muda yang tampak dalam iklan GO-JEK adalah sosok perempuan muda yang aktif, modern, dan mandiri. Kedua, anak muda dalam iklan GRAB ini digambarkan sebagai sosok yang melek teknologi dan terpelajar (smart). Ketiga, sosok anak muda yang tampak dalam iklan UBER ini lekat dengan konsep maskulinitas dimana sosok pria identik dengan imaji kejantanan, ketangkasan, keperkasaan, dan ulet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.93/18 Arg r
Uncontrolled Keywords: Representasi, Identitas, Iklan, Anak Muda, Teknologi
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K4011-4343 Transportation and communication
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Aditya Arganata, 071015102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Aryani Suwito, S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Jan 2019 01:02
Last Modified: 08 Jan 2019 01:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77784
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item