PENGARUH SUBTITUSI TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera) PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN KASAR DAN BAHAN KERING DAGING IKAN PATIN SIAM (Pangasius hypopthalmus)

INTAN SILVIANA FIRDAUSI, 141411131060 (2018) PENGARUH SUBTITUSI TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera) PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN KASAR DAN BAHAN KERING DAGING IKAN PATIN SIAM (Pangasius hypopthalmus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK PK BP.7618 Fir P.pdf

Download (14kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT PK BP.7618 Fir P.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

INTAN SILVIANA FIRDAUSI, Pengaruh Subtitusi Tepung Daun Kelor (Moringa oleifera) Pada Pakan Komersial Terhadap Kandungan Protein Kasar dan Bahan Kering Daging Ikan Patin Siam (Pangasius hypopthalmus). Dosen Pembimbing Boedi Setya Rahardja, Ir., M.P dan Dr. H. Moh. Anam Al Arif, drh., MP. Ikan patin siam merupakan salah satu komoditas ikan air tawar yang banyak digemari oleh masyarakat. Ikan patin siam juga mulai dikembangkan oleh para petani ikan untuk dibudidayakan. Ikan patin siam memiliki beberapa keunggulan diantaranya mudah berkembak biak, menghasilkan benih yang banyak, pertumbuhannya cepat dan mudah dipelihara. Penelitian ini bertujuan untuk substitusi tepung daun kelor pada pakan komersial terhadap kandungan protein kasar dan bahan kering daging ikan patin siam. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan yaitu substitusi tepung daun kelor dengan dosis yang berbeda, diantaranya P0 (0%), P1 (8%), P2 (12%), P3 (16%), dan P4 (20%) dengan pengulangan sebanyak 4 kali pada masing-masing perlakuan. Parameter utama yang diamati yaitu kandungan protein kasar dan bahan kering pada daging ikan patin siam. Parameter pendukung yang diamati yaitu kualitas air. Analisis data menggunakan Analysis of Varian (ANOVA) sedangkan untuk uji lanjut yaitu uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian penggunaan substitusi tepung daun kelor pada pakan komersial menunjukkan tidak ada perbedaan yang nyata (p>0,05) terhadap kandungan protein kasar dan bahan kering daging ikan patin siam. Substitusi daun kelor pada pakan komersial dapat dilakukan hingga dosis 20% tanpa mempengaruhi kandungan protein kasar dan bahan kering daging ikan patin siam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 76/18 Fir p
Uncontrolled Keywords: DAUN KELOR, IKAN PATIN SIAM
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH346-351 Fishery for individual species
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
INTAN SILVIANA FIRDAUSI, 141411131060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBOEDI SETYA RAHARDJA, Ir., M.P.UNSPECIFIED
Thesis advisorMOH. ARUM AL ARIF, Dr., H., drh., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 08 Jan 2019 06:40
Last Modified: 17 Jan 2019 00:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77854
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item