ANALISIS PETA KENDALI DEWMA (DOUBLE EXPONENTIALLY WEIGHTED MOVING AVERAGE) DALAM PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI BENANG PLASTIK PADA PT SURYA PLASTINDO

FRISYA SEPTIFIANI PUNGKI, 081411831025 (2018) ANALISIS PETA KENDALI DEWMA (DOUBLE EXPONENTIALLY WEIGHTED MOVING AVERAGE) DALAM PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI BENANG PLASTIK PADA PT SURYA PLASTINDO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak ST.S 40 18 Pun a.pdf

Download (195kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext ST.S 40 18 Pun a.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Upaya untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas merupakan tujuan utama dari Statistic Process Control (SPC). Salah satu metode SPC yang digunakan adalah peta kendali. Peta kendali adalah sarana utama untuk melaksanakan pengendalian kualitas statistik. Peta kendali merupakan kumpulan data yang ditulis dalam bentuk grafik dan digunakan untuk membuat penilaian status pengendalian kualitas pada sebuah proses produksi. Peta kendali EWMA (Exponentially Weighted Moving Average) dapat mendeteksi pergeseran nilai mean yang kecil dalam suatu proses produksi. Peta kendali DEWMA (Double Exponentially Weighted Moving Average) merupakan hasil pengembangan dari peta kendali EWMA yang dapat mendeteksi pergeseran nilai mean yang kecil dalam suatu proses produksi. Pada penelitian ini dilakukan analisis peta kendali DEWMA dalam pengendalian proses produksi benang plastik pada PT Surya Plastindo dan sekaligus membandingkan peta kendali EWMA. Hasil peta kendali EWMA menunjukkan bahwa proses produksi benang plastik di PT Surya Plastindo terkendali, sedangkan dengan menggunakan peta kendali DEWMA menunjukkan bahwa proses produksi benang plastik di PT Surya Plastindo belum terkendali secara statistik. Adapun dengan membandingkan nilai ARL (Average Run Length) pada EWMA dan DEWMA, nilai ARLDEWMA lebih kecil dari nilai ARLEWMA sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja peta kendali DEWMA lebih efektif dalam mendeteksi pergeseran mean proses daripada peta kendali EWMA berdasarkan jumlah data yang out of control dan berdasarkan nilai ARL terkecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S. 40/18 Pun a
Uncontrolled Keywords: Peta Kendali, EWMA, DEWMA, Pergeseran Mean Kecil Proses, Benang Plastik, ARL
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.7-58.8 Production capacity. Manufacturing capacity
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
FRISYA SEPTIFIANI PUNGKI, 081411831025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArdi Kurniawan, Dr. , M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorEko Tjahjono, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 08 Jan 2019 08:38
Last Modified: 08 Jan 2019 08:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77898
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item