ANALISIS FAKTOR KEPUASAN PENGGUNA PADA SISTEM E-HEALTH SURABAYA GUNA MENILAI KESUKSESAN SISTEM MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN DAN TASK TECHNOLOGY FIT (TTF)

NUR KAFIFAH ZIYANI, 081411631013 (2018) ANALISIS FAKTOR KEPUASAN PENGGUNA PADA SISTEM E-HEALTH SURABAYA GUNA MENILAI KESUKSESAN SISTEM MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN DAN TASK TECHNOLOGY FIT (TTF). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ST SI 44-18 ZIY A - ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST SI 44-18 ZIY A - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Surabaya telah mengeluarkan sistem baru yaitu e-Health Surabaya untuk memfasilitasi masyarakatnya dalam bidang kesehatan Oleh sebab itu, e-Health Surabaya diharapkan dapat dimanfaatkan dengan efektif dan efisien oleh penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kepuasan pengguna untuk menilai kesuksesan sistem e-Health Surabaya dengan menggunakan metode gabungan DeLone and McLean dan Task Technology Fit. Pengguna yang dimaksud yaitu masyarakat di Surabaya yang pernah menggunakan sistem e-Health Surabaya, sebagai pasien. Kedua metode tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu dapat menjelaskan keberhasilan sistem informasi. Tujuan dari pengabungan metode agar dapat saling melengkapi dan mengurangi adanya kelemahan dari masing-masing metode. Penelitian ini mengeksplorasi 9 variabel yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, karakteristik tugas, karakteristik teknologi, Task Technology Fit, penggunaan, kepuasan pengguna, dan kinerja individu. Penyebaran kuisioner dilakukan secara offline dan online kepada seluruh pengguna sistem e- Health Surabaya sehingga didapatkan 384 responden. Kemudian, data responden yang terkumpul dianalisis menggunakan Partial Least Squares (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi kepuasan pengguna yaitu kualitas layanan, kualitas informasi, dan penggunaan. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa kepuasan pengguna mempengaruhi kinerja individu. Hal ini membuktikan bahwa pengguna merasa puas menggunakan sistem e-Health Surabaya sebab sistem e-Health Surabaya dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya dibidang kesehatan. Penelitian ini melihat keberhasilan sistem e-Health Surabaya berdasarkan kemampuan sistem e-Health Surabaya memberikan pengaruh positif pada peningkatan kinerja, sehingga dalam penelitian ini terdapat variabel kinerja individu. Kinerja individu pada sistem e- Health Surabaya dapat diukur dengan kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST SI 44/18 ZIY A
Uncontrolled Keywords: Keberhasilan Sistem Informasi, e-Health Surabaya, DeLone and McLean, Task Technology Fit
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.S88 System analysis and System design
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
NUR KAFIFAH ZIYANI, 081411631013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIRA PUSPITASARI, S.T., M.T., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorINDRA KHARISMA RAHARDJA, S.KOM., M.TUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 08 Jan 2019 10:26
Last Modified: 09 Jan 2019 03:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77915
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item