PENGARUH SUKU BUNGA PASAR UANG, INFLASI, DAN RASIO KREDIT MACET TERHADAP SPREAD SUKU BUNGA PERBANKAN DI INDONESIA

ALIF GILANG PRATAMA, 041411133035 (2018) PENGARUH SUKU BUNGA PASAR UANG, INFLASI, DAN RASIO KREDIT MACET TERHADAP SPREAD SUKU BUNGA PERBANKAN DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
C 106 18 Pra p ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (FULLTEXT)
C 106 18 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut data dari World Bank, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki rata-rata spread suku bunga perbankan tertinggi di wilayah ASEAN. Spread suku bunga adalah selisih antara suku bunga pinjaman dan suku bunga simpanan. Tingginya spread suku bunga perbankan pada umumnya dapat berdampak terhadap investasi dan tabungan nasional. Penelitian ini akan berusaha untuk melihat pengaruh suku bunga pasar uang, inflasi, dan rasio kredit macet industri perbankan terhadap spread suku bunga perbankan di Indonesia. Estimasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah model analisis Autoregressive Distributed Lag (ARDL), yang dapat digunakan untuk melihat pengaruh jangka panjang dan jangka pendek. Hasil estimasi menunjukkan bahwa variabel suku bunga pasar uang antar bank tidak signifikan mempengaruhi spread suku bunga perbankan baik jangka panjang, tetapi signifikan mempunyai pengaruh yang positif pada jangka pendek. Sementara itu variabel inflasi mempunyai hubungan yang negatif terhadap spread suku bunga perbankan di Indonesia. Variabel rasio kredit macet mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap spread suku bunga perbankan baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 106/18 Pra p
Uncontrolled Keywords: Spread Suku Bunga Perbankan, Determinan Spread Suku Bunga, Metode Analisis ARDL.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
ALIF GILANG PRATAMA, 041411133035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWisnu Wibowo, Dr. , S.E., M.Si.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Jan 2019 01:04
Last Modified: 09 Jan 2019 01:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77929
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item