PENGARUH METRONOM DAN FLASH LIGHT TERHADAP RITME DAN KEDALAMAN PADA TINDAKAN HANDS-ONLY CARDIOPULMONARY RESUSCITATION OLEH PERAWAT DENGAN PERAGA MANIKIN DI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA

Senja Setiaka, NIM. 131614153066 (2018) PENGARUH METRONOM DAN FLASH LIGHT TERHADAP RITME DAN KEDALAMAN PADA TINDAKAN HANDS-ONLY CARDIOPULMONARY RESUSCITATION OLEH PERAWAT DENGAN PERAGA MANIKIN DI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 65_18 Set p ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 65_18 Set p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kualitas penekanan dada atau yang disebut dengan High Quality Cardio Pulmonary Resucscitation (HQCPR) telah diidentifikasi sebagai satu faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup setelah CPR. Resusitasi pasien (CPR) setelah serangan jantung telah menyita perhatian para ilmuwan dan dokter selama beberapa dekade. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi perbaikan kualitas kompresi jantung yang dilakukan oleh perawat dalam CPR menggunakan perangkat umpan balik (CPR meter) dalam simulasi cardiac arrest (henti jantung) situasi dengan instruksi minimal. Metode: Penelitian menggunakan desain Quasy eksperiment - post test only with control group. Teknik sampling menggunakan random sampling sebanyak 30 responden tiap kelompok (4 kelompok). Data dianalisis menggunakan uji MANOVA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah CPR meter (perangkat umpan balik) dengan manikin zoll dan software. Hasil: Terdapat perbedaan yang bermakna jumlah pijatan antara kelompok kontrol dengan kelompok flash light (p=0,003) dan antara kelompok kontrol dengan kelompok kombinasi (p=0,001). Tidak terdapat perbedaan yang bermakna terhadap jumlah pijatan antara kelompok metronom dengan kontrol (p=0,092), kelompok kombinasi dengan metronom (p=0,864), kelompok kombinasi dengan kelompok flash light (p=1,000). Kesimpulan: Kombinasi metronom dan flash light, penggunaan metronom saja ataupun flash light, dengan aplikasi hand phone yang dilakukan oleh perawat pada peraga manikin dapat mempertahankan kualitas CPR yang baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 65/18 Set p
Uncontrolled Keywords: flash light, metronom, hands-only cardiopulmonary resuscitation
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Senja Setiaka, NIM. 131614153066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantNursalam, Prof. Dr., M.Nurs (Hons)UNSPECIFIED
ConsultantHarmayetty, S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 09 Jan 2019 02:02
Last Modified: 09 Jan 2019 02:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77948
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item