PENGARUH SUBTITUSI TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera) PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK (SGR) DAN RETENSI PROTEIN IKAN PATIN SIAM (Pangasius hypopthalmus)

MUHAMMAD ANJAS ALDYANSYAH SYACHREAL, 141411131042 (2018) PENGARUH SUBTITUSI TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera) PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK (SGR) DAN RETENSI PROTEIN IKAN PATIN SIAM (Pangasius hypopthalmus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK PK BP 8118 Sya p.pdf

Download (111kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT PK BP 8118 Sya p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan patin siam (Pangasius hypopthalmus) adalah komoditas ikan air tawar yang memiliki potensi yang besar untuk dibudidayakan secara komersial. (Kementerian Kelautan dan Perikanan, 2015). Segmentasi usaha ikan ini tidak hanya digunakan sebagai ikan konsumsi, tetapi juga digunakan sebagai ikan hias sehingga segmentasi usaha dalam pembudidayaannya beragam. Melihat hal tersebut maka dilakukannya upaya peningkatan produksi dari ikan patin dalam memenuhi permintaan, salah satu upaya yang dilakukan salah satunya adalah mempercepat pertumbuhan, meningkatkan derajat kelangsungan hidup dan meningkatkan kandungan protein dalam daging Ikan, mengingat ikan patin juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan manusia antara lain protein 14,53%, lemak 1,09%, abu 0,74%, dan 82,22% air (Alhana, 2011). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui substitusi tepung daun kelor (M.oleifera) pada pakan komersial terhadap laju pertumbuhan spesifik dan retensi protein ikan patin siam (P. hypopthalmus). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan yaitu penggantian dosis pakan komersial dengan tepung daun kelor (Moringa oliefera) pada dosis yang berbedayaitu P0 (0%), P1 (8%), P2 (12%), P3 (16%), P4 (20%) masing-masing perlakuan dilakukan pengulangan sebanyak 4 kali. Parameter utama yang diamati adalah laju pertumbuhan spesifik panjang dan berat dan retensi protein pada daging ikan patin siam. Parameter penunjang yang diamati adalah parameter kualitas air yaitu pH, DO, suhu dan NH3. Analisis data mengggunakan Analisis of Varian (ANOVA) dan untuk mengetahui perkakuan terbaik dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menggunakan subtitusi tepung daun kelor pada pakan komersial pada retensi protein daging ikan patin siam dan laju pertumbuhan spesifik panjang dan berat, menurut hasil perhitungan ANOVA tidak ada perbedaan yang nyata antara masing-masing perlakuan (p>0,05). Pada hasil penelitian tersebut sebaiknya pada perlakuan P4 digunakan oleh pembudidaya ikan patin karena pada perlakuan tersebut dapat menghemat biaya sebesar 11,32% dibandingkan perlakuan kontrol, sehingga dapat menekan biaya produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP 81/18 Sya p
Uncontrolled Keywords: Patin Siam, Daun Kelor, Laju Pertumbuhan Spesifik, Retensi Proetin.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH346-351 Fishery for individual species
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD ANJAS ALDYANSYAH SYACHREAL, 141411131042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidya Paramita Lokapirnasari, Dr., Dr. Widya Paramita Lokapirnasari, drh., M.P.UNSPECIFIED
Thesis advisorMirni Lamid, Prof. Dr.., drh., M.PUNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 09 Jan 2019 02:48
Last Modified: 17 Jan 2019 00:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77974
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item