EFEKTIVITAS PELATIHAN SKRINING PERKEMBANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU TK DALAM MELAKUKAN DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI (PENELITIAN PADA TK “X” DI SURABAYA)

RIBUT KRISFIDA, 111514153032 (2018) EFEKTIVITAS PELATIHAN SKRINING PERKEMBANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU TK DALAM MELAKUKAN DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI (PENELITIAN PADA TK “X” DI SURABAYA). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (67kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan skrining perkembangan untuk meningkatkan keterampilan guru TK dalam melakukan deteksi dini tumbuh kembang anak usia dini. Pelatihan skrining perkembangan merupakan proses yang didesain dalam menfasilitasi pengalaman belajar guru TK melalui metode presentasi, diskusi serta role play mengenai materi tumbuh kembang, deteksi dini serta praktik dalam melakukan deteksi dini terhadap perkembangan. Keterampilan guru TK dalam melakukan deteksi dini tumbuh kembang merupakan kemampuan melakukan pemeriksaan penyimpangan perkembangan pada anak prasekolah berdasarkan serangkaian prosedur tes secara tepat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan jumlah subjek 8 orang. Alat ukur yang digunakan adalah soal pengetahuan dan pedoman observasi keterampilan dalam melakukan deteksi dini tumbuh kembang anak usia dini. Data dianalisis menggunakan perhitungan statistik nonparametrik. Berdasarkan perhitungan effect size menunjukkan bahwa intervensi pelatihan skrining perkembangan efektif untuk meningkatkan keterampilan guru dalam melakukan deteksi dini tumbuh kembang. Hal ini didasarkan perhitungan nilai 0,595 pada aspek pengetahuan dan nilai 0,631 pada aspek keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan skrining perkembangan dapat dijadikan solusi dalam mengembangkan keterampilan guru, khususnya dalam meningkatkan kemampuan deteksi dini tumbuh kembang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPsi 44/18 Kri e
Uncontrolled Keywords: Early Detection of Early Childhood Growth and Development Development Screening Training, Skill
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
RIBUT KRISFIDA, 111514153032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDuta Nurdibyanandaru, Dr.,M.S.PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2019 08:29
Last Modified: 09 Jan 2019 08:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78083
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item