PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERCEIVED ORGANIZATION SUPPORT TERHADAP PERILAKU RESISTANCE TO CHANGE DENGAN PSYCHOLOGY CAPITAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

M. Luthfi Fernando, 111614153017 (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERCEIVED ORGANIZATION SUPPORT TERHADAP PERILAKU RESISTANCE TO CHANGE DENGAN PSYCHOLOGY CAPITAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (58kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan perceived organization support terhadap resistance to change dengan psychology capital sebagai variabel mediasi. Definisi kecerdasan emosional dalam penelitian ini menggunakan wong & law (2002), perceived organization support menggunakan teori Eisenberger (1986), resistance to change menggunakan teori Oreg (2003), dan psychology capital menggunakan teori Luthans, Youssef, dan Avolio (2007). Penelitian ini dilakukan pada 107 responden/ karyawan perusahaan atau organisasi yang sedang melakukan perubahan diorganisasinya. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah accidental sampling dan snowball sampling. alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan empat skala yaitu Wong & Law Emotional Intelligance Scale (WLEIS) untuk mengukur kecerdasan emosional, Survey of Perveived Organizaional Support Short Form (SPOS-SF) untuk mengukur Perveived Organizaional Support, resistance to change scale untuk mengukur resistance to change, dan Psychology Capital Quesionnaire (PCQ-SF12) untuk mengukur Psychology Capital. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan Warp- PLS 5.0. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung antara kecerdasan emosional terhadap resistance to change melalui psychology capital. Serta terdapat pengaruh tidak langsung perceived organization support terhadap resistance to change melalui psychology capital.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPsi 52/18 Fer p
Uncontrolled Keywords: Emotional intelligence, Perceived organization support, Resistance to change, Psychology capital
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
M. Luthfi Fernando, 111614153017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFajrianthi, Dr.,M.Psi.PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2019 09:11
Last Modified: 09 Jan 2019 09:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78098
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item