PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA DISEMINASI INFORMASI MENGENAI AUTISME (STUDI KASUS PADA ORGANISASI RUMAH AUTIS)

Hilyah Layyinah Hamasiyah, 071411533012 (2018) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA DISEMINASI INFORMASI MENGENAI AUTISME (STUDI KASUS PADA ORGANISASI RUMAH AUTIS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.104 18 Ham p.pdf

Download (25kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.104 18 Ham p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.104 18 Ham p.pdf

Download (176kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan media sosial sebagai sarana diseminasi informasi mengenai autisme yang dilakukan oleh organisasi Rumah Autis. Autisme merupakan fenomena sosial yang hingga saat ini keberadaannya masih banyak ditemui namun kurang disadari. Kajian pustaka yang digunakan dalam mendukung analisis penulis meliputi media sosial, diseminasi informasi, online media activism serta autisme. Penulis menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan beberapa anggota pengurus Rumah Autis dan orangtua murid. Penulis juga mengumpulkan data terkait melalui pemantauan terhadap media sosial Rumah Autis, juga melalui dokumen terkait penelitian. Penulis menemukan bahwa penggunaan media sosial sebagai sarana diseminasi informasi Rumah Autis dilakukan dengan menyebarkan informasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat yang masih asing dengan keberadaan autisme. Penyebaran informasi juga dilakukan guna membangun kesadaran masyarakat yang memiliki keterkaitan dengan penyandang autisme mengenai hakhak dan pengetahuan mengenai mereka. Selain itu, Rumah Autis juga melakukan mobilisasi melalui media sosial dengan menyebarkan ajakan untuk mengikuti aksi offline serta juga melalui self-mediation yang dilakukan dengan menyebarkan pernyataan, serta dokumentasi aksi langsung yang telah atau tengah dilakukan melalui media sosial mereka. Rumah Autis juga memanfaatkan beberapa fitur yang disuguhkan oleh media sosial dalam melakukan aktivitas online nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.104/18 Ham p
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Diseminasi Informasi, Autisme, Gerakan Sosial
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT51-65 Human settlements. Communities
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Hilyah Layyinah Hamasiyah, 071411533012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDina Septianti, B.Comm., M.Comm., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 09 Jan 2019 11:18
Last Modified: 09 Jan 2019 11:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78116
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item