PENGARUH VARIASI KOMBINASI DOSIS DAN FREKUENSI BIOFERTILIZER TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN KEDELAI HITAM (Glycine soja (L.) Merr.)

INGGIT ALMIRA, 081411433001 (2018) PENGARUH VARIASI KOMBINASI DOSIS DAN FREKUENSI BIOFERTILIZER TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN KEDELAI HITAM (Glycine soja (L.) Merr.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK MPB26-18 Alm p ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPB26-18 Alm p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan dan produktivitas tanaman kedelai hitam (G. soja (L.) Merr.) dari pemberian variasi kombinasi dosis dan frekuensi biofertilizer dan nilai RAE (Relative Agronomic Effectiveness) dari pemberian biofertilizer. Penelitian ini bersifat eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap (RAL). Masing-masing perlakuan terdiri atas 3 kali ulangan dan tiap ulangan terdiri atas 3 tanaman. Penelitian ini terdiri atas 11 perlakuan yaitu K+ (pemberian pupuk kimia), K- (tanpa pemberian biofertilizer) dan perlakuan uji terdiri atas perlakuan biofertilizer 5, 10 dan 15 mL/tanaman dengan frekuensi satu kali, dua kali dan tiga kali. Data dianalisis menggunakan uji ANOVA (Analysis of Varians) satu arah (One Way Anova) dengan derajat signifikasi 0,05 dilanjutkan dengan uji Duncan dan menggunakan uji Brown Forsythe dengan derajat signifikasi 0,05 dilanjutkan dengan uji Games Howell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi kombinasi dosis dan frekuensi biofertilizer memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman kedelai hitam (G. soja (L.) Merr.). Hasil terbaik pada parameter tinggi, berat kering akar, panjang akar dan berat bintil akar yaitu perlakuan B10F2, sedangkan perlakuan B15F2 menunjukkan hasil terbaik pada berat basah dan berat kering tanaman. Hasil terbaik pada parameter produktivitas meliputi jumlah polong, berat polong dan berat kering biji yaitu perlakuan B15F2. Nilai RAE tertinggi yaitu pada perlakuan B15F2 nilai RAE sebesar 362,55%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.26/18 Alm p
Uncontrolled Keywords: Biofertilizer, growth, productivity dan Glycine soja (L.) Merr.
Subjects: Q Science > QK Botany > QK1-989 Botany
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
INGGIT ALMIRA, 081411433001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Supriyanto, Drs., M. Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorNi’matuzahroh, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 09 Jan 2019 11:18
Last Modified: 09 Jan 2019 11:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78117
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item