PENGARUH VARIASI KOMBINASI DOSIS PUPUK KOMPOS DAN PUPUK Rhizobium TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN KEDELAI HITAM (Glycine soja (L.) Merr.)

IMAMA YULIANINDA RIZKY, 081411433003 (2018) PENGARUH VARIASI KOMBINASI DOSIS PUPUK KOMPOS DAN PUPUK Rhizobium TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN KEDELAI HITAM (Glycine soja (L.) Merr.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK MPB.27-18 Riz p ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPB.27-18 Riz p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pertumbuhan dan produktivitas tanaman kedelai hitam (Glycine soja (L.) Merr.) dari pemberian variasi kombinasi dosis pupuk kompos dan pupuk Rhizobium serta mengetahui nilai RAE (Relative Agronomic Efektiveness). Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL). Penelitian ini terdiri atas dua perlakuan kontrol yaitu kontrol positif (pemberian pupuk NPK) dan negatif (tanpa perlakuan) serta sembilan perlakuan uji. Perlakuan uji merupakan kombinasi dosis pupuk kompos 9, 18 dan 27 g/tanaman dan pupuk Rhizobium 10, 15 dan 20 mL. Setiap perlakuan dalam penelitian ini terdiri dari tiga ulangan dan setiap ulangan terdiri dari tiga tanaman. Data dianalisis menggunakan uji ANOVA (Analysis of Varians) satu arah (One Way Anova) dengan derajat signifikasi 0,05 dilanjutkan dengan uji Duncan dan menggunakan uji Brown Forsythe dengan derajat signifikasi 0,05 dilanjutkan dengan uji Games Howell. Dari hasil penelitian menunjukkan variasi dosis pupuk kompos dan pupuk Rhizobium memberikan perbedaan terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman kedelai hitam. Hasil pertumbuhan tanaman kedelai hitam terbaik ditunjukkan pada perlakuan pemberian pupuk kompos dosis 27 g/tanaman dan pupuk Rhizobium dosis 15 mL/tanaman (K3R2). Untuk tinggi tanaman perlakuan K3R2 tidak berbeda nyata dengan perlakuan kontrol positif, pada berat basah dan berat kering tanaman perlakuan K3R2 berbeda nyata dengan semua perlakuan, untuk berat kering akar perlakuan K3R2 tidak berbeda nyata dengan perlakuan K3R3, untuk panjang akar tertinggi pada perlakuan K3R3 yang hanya berbeda nyata dengan K1R1 dan pada berat bintil akar perlakuan K3R2 tidak berbeda nyata dengan semua perlakuan. Hasil produktivitas tanaman kedelai hitam dari pemberian variasi kombinasi dosis pupuk kompos 27 g/tanaman dan pupuk Rhizobium 15 mL/tanaman (K3R2) menunjukan hasil tertinggi. Pada jumlah polong berat polong dan berat kering biji perlakuan K3R2 berbeda nyata dengan semua perlakuan. Nilai RAE tertinggi yaitu oleh perlakuan kompos 27 g/tanaman dan Rhizobium 15 mL/tanaman sebesar 346,95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.27/18 Riz p
Uncontrolled Keywords: Compost, Rhizobium fertilizer, growth, productivity, black soybean (Glycine soja (L.) Merr.)
Subjects: Q Science > QK Botany > QK1-989 Botany
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
IMAMA YULIANINDA RIZKY, 081411433003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Supriyanto, Drs., M. Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorNi’matuzahroh, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 09 Jan 2019 11:26
Last Modified: 09 Jan 2019 11:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78118
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item