INTERPRETASI PEMUDA TERHADAP CITY IMAGE KOTA BLITAR

Faizul Akbar Nasrullah, 071411531064 (2018) INTERPRETASI PEMUDA TERHADAP CITY IMAGE KOTA BLITAR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.105 18 Nas i.pdf

Download (52kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.105 18 Nas i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.105 18 Nas i.pdf

Download (227kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada interpretasi pemuda terhadap city image kota Blitar. Kota Blitar selain dikenal memiliki keterkaitan image dengan cerita sejarah seperti peristiwa pemberontakan PETA, dan kota kelahiran presiden pertama Indonesia Bung karno. Namun selain memiliki keterkaitan dengan sejarah rupanya kota Blitar memiliki potensi berupa kuliner dan obyek yang menjadi daya tarik wisata. Namun potensi yang ada tersebut belum diaksimalkan kota Blitar kedalam sebuah program yang merujuk pada konsep city branding, yang mengakibatkan belum jelasnya city image yang diusung oleh pemerintah kota Blitar. Padahal untuk menyusunnya diperlukan adanya sinergi para stakeholder. Pemuda sebagai bagian dari stakeholder penerus dari masyarakat di masa yang akan datang diharapkan dapat memperbaiki dan berinovasi sebuah kota berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya mengenai kota tersebut. Pentingnya peranan tersebut menjadi alasan mengapa obyek penelitian ini adalah pemuda. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan berfokus kepada eksplorasi terhadap interpretasi pemuda dalam memandang city image kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, serta menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain teori interpretasi, city image dan city branding. Hasil dari penelitian ini adalah interpretasi pemuda terhadap city image kota Blitar yang dilatarbelakangi oleh faktor preferensi (FoR)dan pengalaman informan (FoE), sehingga interpretasi informan dapat beragam dan unik. Interpretasi informan dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, pemahaman konsep citra pada sebuah kota (city image) dalam benak informan. Kedua, adanya dualisme interpretasi informan mengenai city image kota Blitar. Ketiga, pandangan pemuda mengenai keragaman city image yang memiliki ide dan semangat berinovasi mengajar atau berkarya sesuai dengan bidangnya masing - masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.105/18 Nas i
Uncontrolled Keywords: Interpretasi, Pemuda, City Image, Kota Blitar
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Faizul Akbar Nasrullah, 071411531064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Isnaini, Dr., S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 09 Jan 2019 11:48
Last Modified: 09 Jan 2019 11:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78121
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item