PENGARUH LIGHT MASSAGE DAN MUROTTAL TERHADAP PERUBAHAN HEMODINAMIK PADA PASIEN DENGAN GAGAL JANTUNG DI RSUD PROF.DR. MARGONO SOEKARDJO PURWOKERTO

Galih Noor Alivian, NIM.: 131614153081 (2018) PENGARUH LIGHT MASSAGE DAN MUROTTAL TERHADAP PERUBAHAN HEMODINAMIK PADA PASIEN DENGAN GAGAL JANTUNG DI RSUD PROF.DR. MARGONO SOEKARDJO PURWOKERTO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 77_18 Ali p ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 77_18 Ali p.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomer satu di dunia. Masalah yang sering muncul pada pasien gagal jantung adalah ketidakstabilan hemodinamik. Perubahan hemodinamik dengan cepat yang disebabkan oleh mobilisasi dan stimulasi terhadap tubuh pasien dan membutuhkan pemantauan hemodinamik secara berkala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh light massage dan murottal terhadap perubahan hemodinamik pada pasien dengan gagal jantung. Metode: Penelitian ini menggunakan quasy eksperiment pretest posttest with control group design, di 5 bangsal rumah sakit Prof. Dr. Margono Soekarjo. Sampel direkrut menggunakan teknik proportional random sampling, yang terdiri dari 60 responden yang terbagi pada 3 kelompok perlakuan dan 1 kelompok kontrol, diambil sesuai kriteria inklusi, variabel penelitian yaitu: pemberian light massage dan murottal diberikan 2 kali sehari selama 5 hari selama perawatan. data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner terstruktur dan observasi, dan mereka dianalisis dengan Pairet T- Test dan Manova. Hasil dan Analisis: Hasil menunjukan pada uji perbedaan antara kelompok perlakuan dan kontrol variabel hemodinamik yakni light massage p<0,05, perbedaan perubahan elektro kardio grafi (EKG) p<0,05, perbedaan tingkat kecemasan sebelum dan setehan diperdengarkan murottal memiliki pengaruh yang signifikan p<0,05. Hasil uji hipotesis MANOVA didapatkan p<0,05. Diskusi dan Kesimpulan: Light massage dan murottal berpengaruh terhadap perubahan hemodinamik pada pasien dengan gagal jantung di RSUD Prof.Dr. Margono Soekardjo Purwokerto.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 77/18 Ali p
Uncontrolled Keywords: gagal jantung, light massage, murottal, hemodinamik
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Galih Noor Alivian, NIM.: 131614153081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantH. Nursalam, Prof. Dr., M.Nurs (Hons)UNSPECIFIED
ConsultantM. Hasinuddin, Dr., S.Kep.,Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Jan 2019 01:45
Last Modified: 10 Jan 2019 01:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78141
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item