PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU BALITA TERHADAP STATUS KARIES DAN PERIODONTAL ANAK USIA 3-6 TAHUN PADA KOMUNITAS PRASEJAHTERA DI DESA TEMORAN

Giftania Nuri Susilo, 021511133017 (2018) PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU BALITA TERHADAP STATUS KARIES DAN PERIODONTAL ANAK USIA 3-6 TAHUN PADA KOMUNITAS PRASEJAHTERA DI DESA TEMORAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_KG.110 18 Sus p.pdf

Download (435kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_KG.110 18 Sus p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Karies gigi merupakan masalah utama pada rongga mulut anak-anak. Selain karies, prevalensi dari perdarahan gingiva pada balita juga tinggi disebabkan oleh penumpukan plak karena kebersihan rongga mulut yang buruk. Balita merupakan salah satu kelompok yang paling rentan terhadap penyakit gigi dan mulut karena umumnya masih mempunyai perilaku atau kebiasaan diri yang kurang menunjang terhadap kesehatan gigi. Gigi sulung merupakan indikator kesehatan gigi pada anak usia prasekolah yang diperlukan untuk menilai keadaan kesehatan gigi anak. Pendidikan, sosio ekonomi, dan pengetahuan ibu adalah salah satu faktor yang mempengaruhi status kesehatan. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui hubungan pendidikan dan pengetahuan ibu terhadap status karies dan periodontal pada anak usia 3-6 tahun. Metode: Penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan cross-sectional dan total sampling yang dilakukan di Paud Desa Temoran, Sampang pada bulan Mei hingga Juli 2018 dengan responden sebesar 50 ibu beserta anaknya. Lembar pemeriksaan WHO untuk mengukur status periodontal anak. Analisis data menggunakan uji korelasi spearman. Hasil: Hasil statistik antara tingkat pendidikan dengan status karies mendapatkan korelasi yang signifikan, selain itu hasil statistik tingkat pendidikan, pengetahuan dan sosial ekonomi dengan status periodontal menunjukkan korelasi yang tidak signifikan. Kesimpulan: Terdapat korelasi yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan status karies sedangkan tingkat pendidikan, pengetahuan dan sosial ekonomi dengan status periodontal tidak terdapat korelasi yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.110/18 Sus p
Uncontrolled Keywords: Pendidikan ibu, pengetahuan ibu, anak balita, status karies, status periodontal
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
Giftania Nuri Susilo, 021511133017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSindy Cornelia, Dr., Sp.KGA(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorSatiti Kuntari, drg., MS., Sp.KGA(K)UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 10 Jan 2019 02:25
Last Modified: 10 Jan 2019 07:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78161
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item