PENGEMBANGAN METODE REKONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE SINGULAR VALUE DECOMPOSITION (SVD) PADA SISTEM DIFFUSE OPTICAL TOMOGRAPHY (DOT)

LU’LU’IL MAKNUNAH, 081411331072 (2018) PENGEMBANGAN METODE REKONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE SINGULAR VALUE DECOMPOSITION (SVD) PADA SISTEM DIFFUSE OPTICAL TOMOGRAPHY (DOT). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
MPF. 56-18 Mak p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang berjudul Pengembangan Metode Rekonstruksi Menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD) pada Sistem Diffuse Optical Tomography (DOT). Penelitian ini bertujuan untuk Membuat program rekonstruksi menggunakan metode SVD pada sistem DOT dan mengukur kualitas citra yang dihasilkan. Algoritma SVD dibangun dengan mengolah matriks jacobian berukuran 256x248 yang dihasilkan dari problem maju dan problem inversi dengan metode rekonstruksi Linear Satu Langkah pada penelitian sebelumnya. Kualitas citra yang dihasilkan pada metode rekonstruksi dengan metode SVD dan Linear satu langkah dibandingkan dan dianalisis dengan dua cara, yaitu dengan analisis visual dan analisis numerik. Analisis visual dapat dilakukan secara langsung dengan melihat hasil citra dan untuk analisis numerik dihitung dari nilai RMSD (Root Mean Square Distance) dari kedua citra. Telah diperoleh metode rekonstruksi dengan menggunakan metode SVD dengan nilai RMSD yang lebih kecil dari rekonstruksi Linear Satu Langkah yaitu 24,51% untuk satu anomali dan 26,68% untuk dua anomali. Analisis visual dari kedua metode menunjukkan bahwa hasil rekonstruksi keduanya adalah sama. Proses running program metode Linear satu langkah memiliki rata-rata waktu (12,38 ± 0,05) detik dan untuk metode SVD memilki rata-rata waktu (12,02 ± 0,05) detik. Sehingga, dari perolehan nilai numerik dan waktu running untuk kedua metode, citra rekonstruksi dengan metode SVD lebih baik dari pada citra hasil rekonstruksi dengan metode Linear Satu Langkah. Kata Kunci: Singular Value Decomposition (SVD), Diffuse Optical Tomography (DOT), Rekonstruksi citra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF. 56/18 Mak p
Uncontrolled Keywords: Singular Value Decomposition (SVD), Diffuse Optical Tomography (DOT), Rekonstruksi citra
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
LU’LU’IL MAKNUNAH, 081411331072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNuril Ukhrowiyah, Dr. , S.Si, M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorYhosep Gita Yhun .Y, S.Si, M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 10 Jan 2019 02:27
Last Modified: 10 Jan 2019 02:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78162
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item