EFEKTIVITAS LAMA PENYINARAN LASER DIODA 650 NM DAN Photosensitizer Methylene Blue TERHADAP PENURUNAN JUMLAH KOLONI BAKTERI CAMPUR SALURAN AKAR GIGI NEKROSIS (Penelitian Eksperimental Laboratoris pada Kultur Bakteri Campur Saluran Akar Gigi Nekrosis)

NADYA AYUSANDRA LARASATI, 021511133121 (2018) EFEKTIVITAS LAMA PENYINARAN LASER DIODA 650 NM DAN Photosensitizer Methylene Blue TERHADAP PENURUNAN JUMLAH KOLONI BAKTERI CAMPUR SALURAN AKAR GIGI NEKROSIS (Penelitian Eksperimental Laboratoris pada Kultur Bakteri Campur Saluran Akar Gigi Nekrosis). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_KG.114 18 Lar e.pdf

Download (143kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_KG.114 18 Lar e.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nekrosis pulpa adalah kematian jaringan pulpa bersifat irrreversible yang ditandai dengan destruksi jaringan pulpa. Etiologi primer dari nekrosis pulpa adalah iritan akibat infeksi bakteri. Perawatan yang dapat dilakukan yaitu perawatan saluran akar dengan persentase keberhasilan berkisar 40-93% berdasarkan kavitas minim bakteri yang dapat dilakukan dengan sterilisasi kavitas. Sterilisasi menggunakan Antibacterial Photodynamic Therapy (aPDT) salah satunya menggunakan laser dioda sedang dikembangkan di bidang konservasi gigi tetapi masih banyak perbedaan pendapat mengenai lama penyinaran laser atau fotoaktivasi yang digunakan untuk menurunkan jumlah bakteri terutama pada saluran akar gigi. Tujuan. Untuk menentukan lama waktu penyinaran yang efektif dari laser dioda panjang gelombang 650 nm dengan Photosensitizer Methylene Blue dalam menurunkan jumlah koloni bakteri pada saluran akar gigi nekrosis. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris dengan 30 sampel dan 6 kelompok dengan variasi lama penyinaran yaitu 45, 60, 75 dan 90 detik. Hasil. Diketahui terdapat penurunan jumlah koloni bakteri campur saluran akar gigi nekrosis dengan hasil uji ANOVA didapatkan nilai p < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara jumlah koloni bakteri campur saluran akar gigi nekrosis pada tiap kelompok perlakuan. Simpulan. Penyinaran laser dioda dengan panjang gelombang 650 nm dengan lama penyinaran 90 detik dan Photosensitizer Methylene Blue merupakan waktu yang efektif dalam menurunkan jumlah koloni bakteri pada gigi nekrosis dibandingkan dengan lama penyinaran 45,60, dan 75 detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.114/18 Lar e
Uncontrolled Keywords: Methylene Blue, Laser, Dioda 650 nm, bakteri campur, Nekrosis pulpa
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
NADYA AYUSANDRA LARASATI, 021511133121UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Kunarti, Prof., Dr. drg., MS., Sp.KG(K) (UNSPECIFIED
Thesis advisorKun Ismiyatin, Dr., drg., M.Kes., Sp.KG(K) (UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 10 Jan 2019 02:53
Last Modified: 10 Jan 2019 07:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78185
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item