Analisis Pengguna Mobile Instant Messaging (MIM)untuk Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya menggunakan Extended Expectation Confirmation Model of IT (EECM-IT).

Dian Nilla Qumaiya, 081211631055 (2018) Analisis Pengguna Mobile Instant Messaging (MIM)untuk Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya menggunakan Extended Expectation Confirmation Model of IT (EECM-IT). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak st.si 26-18 Qun a.pdf

Download (128kB)
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext st.si 26-18 Qun a.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel darimodel analisis Extended Expectation Confirmation Model of IT (EECM-IT) terhadap pengguna Mobile Instant Messaging (MIM) untuk knowledge sharing pada mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Model analisis EECM-IT merupakanpengembangan dari model ECM-IT dan TAM yang memiliki enam konstruk kepuasan (satisfaction), kegunaan persepsian (perceived usefulness), kemudahan penggunaan persepsian (perceived ease of use), kesukaan persepsian (Perceived enjoyment), dan konfimasi (confirmation) mempengaruhi niat (continued it usageintention) penggunaan MIM untuk Knowledge sharing. Penelitian ini terdiri dari enam tahap, yakni identifikasi variabel penelitian dan hipotesis, perancangan kuesioner, penyebaran dan pengumpulan kuesioner, pengolahan data, menganalisis hasil dan menyusun rekomendasi terkait pengguna mobile instant messaginguntuk knowledge sharing.Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 118 mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Pengolahan data menggunakan PLS-SEM.Hasil penelitian menunjukkan bahwa satisfaction berpengaruh positif terhadap continued it usageintention. Confirmationberpengaruh positif terhadap satisfaction, perceived usefulness, perceived ease of use, danperceived enjoyment.perceived usefulnessberpengaruh positif terhadap satisfactiondan continued it usageintention. perceived ease of useberpengaruh positif terhadap perceived usefulness. Perceived enjoymentberpengaruh positif terhadap satisfaction, dan perceived ease of use.Sedangkan Perceived enjoyment, dan perceived ease of usetidak memiliki pengaruh positif terhadap continued it usageintention. Dan perceived ease of usetidak memiliki pengaruh positif terhadap satisfaction

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 26/18 Qun a
Uncontrolled Keywords: Mobile Instant Messaging, Knowledge Sharing, EECM-IT, TAM, PLS-SEM
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX1100-1105 Mobile home living
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
Dian Nilla Qumaiya, 081211631055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRini Semiati, Dra. , M. Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorBarry Nuqoba, , S. Si., M. KomUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2019 05:10
Last Modified: 10 Jan 2019 05:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78250
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item