MANAJEMEN PAKAN ALAMI Artemia salina PADA PEMBENIHAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR PAYAU (BBPBAP)JEPARA, JAWA TENGAH

REFANGGA PUTRA NUGRAHA, 141511133067 (2018) MANAJEMEN PAKAN ALAMI Artemia salina PADA PEMBENIHAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR PAYAU (BBPBAP)JEPARA, JAWA TENGAH. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PKL PK BP 262-18 Nug m-Abstrak.pdf

Download (39kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PKL PK BP 262-18 Nug m.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang vaname merupakan jenis udang yang banyak diminati oleh masyarakat, sehingga memberikan suatu konsekuensi terhadap penyediaan benih yang memiliki kualitas baik. Faktor utama yang mendukung dalam pembenihan udang vaname yaitu ketersediaan pakan alami yang baik. Kebutuhan udang terhadap ketersediaan pakan alami akan berbeda tergantung dari stadia hidupnya. Pemberian pakan alami artemia dilakukan ketika larva udang pada stadia Post Larva (PL). Kebutuhan pakan alami harus dilakukan secara kontinyu hingga proses pemanenan dan memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu diperlukan adanya kegiatan praktik kerja lapang mengenai manajemen pakan alami Artemia salina untuk larva udang vaname. Praktik kerja lapang ini dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2017 – 16 Januari 2018 Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Jawa Tengah. Metode kerja yang digunakan yaitu metode partisipasi aktif. Metode tersebut merupakan metode yang dapat dilakukan dengan berinteraksi secara langusng dengan para petugas dan selama proses kultur artemia. Data yang terkumpul terdiri atas data primer dan sekunder. Data primer dalam praktik kerja lapang ini berupa proses kultur Artemia salina, kualitas air, pemeliharaan, pemanenan serta pemberian pada larva udang vaname. Data sekunder berupa hasil studi data literatur mengenai bentuk teknis kultur Artemia salina. Data sekunder juga bisa diambil berdasarkan dokumen pendukung mengenai sejarah berdirinya, struktur organisasi, sarana dan prasarana kultur Artemia salina untuk larva udang vaname. Manajemen pemberian pakan Artemia salina di Unit Pembenihan BBPBAP Jepara dilakukan dengan kegiatan seperti mempersiapkan bak kultur artemia serta cara mengkultur artemia, pemeliharaan artemia, pemanenan artemia dan pemberian artemia pada larva udang vaname. Kultur Artemia salina dilakukan dengan metode non-dekapsulasi. Metode tersebut dilakukan tanpa pencucian menggunakan kaporit atau secara langsung. Perhitungan hatching rate dengan menggunakan metode tersebut yaitu sebesar 29%. Pemeliharaan artemia dilakukan dengan memberikan minyak ikan Scott’s emulsion sebanyak 5 ml sebelum artemia dipanen. Pemberian artemia pada larva udang vaname dilakukan ketika larva sudah mencapai stadia PL sebanyak tiga kali dalam sehari. Artemia yang diberikan sebanyak 40 gram/bak, sehingga total artemia yang diberikan selama PL1-PL5 sebanyak 2.520 gram untuk 3 bak.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 262/ 18 Nug m
Uncontrolled Keywords: Natural Food Feed Management Artemia salina; White Shrimp (Litopenaeus vannamei) Hatchery ; Main Center of Brackishwater Aquaculture (MCBA), Central Java.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
REFANGGA PUTRA NUGRAHA, 141511133067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRozi, S.Pi., M.BiotechUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 10 Jan 2019 06:03
Last Modified: 10 Jan 2019 06:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78268
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item