PENGARUH KOMBINASI YOGA DAN SPIRITUAL MINDFULNESS TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH, KORTISOL DAN STRES KLIEN DIABETES MELITUS TIPE II

TRIJATI PUSPITA LESTARI, NIM. 131614153102 (2018) PENGARUH KOMBINASI YOGA DAN SPIRITUAL MINDFULNESS TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH, KORTISOL DAN STRES KLIEN DIABETES MELITUS TIPE II. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 87_18 Les p ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 87_18 Les p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan : DM ditandai dengan kondisi hiperglikemia akibat resistensi insulin dan faktor psikologis seperti stres. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan penurunan skor stres pada klien DM tipe II yang melakukan latihan kombinasi yoga dan spiritual mindfulness. Metode : Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pre-post test control group design. Jumlah sampel sebanyak 30 responden (masing-masing kelompok terdiri dari 15 responden) yang dipilih secara purposive sampling. Variabel dependen penelitian ini adalah kombinasi yoga dan spiritual mindfulness, sedangkan variabel dependen terdiri dari kadar glukosa darah, kortisol dan tingkat stress. Pengukuran kadar glukosa darah dan kortisol menggunakan sampel darah vena, sedangkan tingkat stres menggunakan kuesioner. Analisis inferensial yang digunakan adalah uji statistik MANOVA dengan tingkat kemaknaan α < 0,05. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi yoga dan spiritual mindfulness: 1) menurunkan kadar glukosa darah dengan tingkat kemaknaan p = 0,013, 2) menurunkan kadar kortisol dengan tingkat kemaknaan p = 0,000, dan 3) tidak menurunkan tingkat stres dengan tingkat kemaknaan p = 0,154. Kesimpulan : Kombinasi yoga dan spiritual mindfulness menurunkan kadar kortisol dan glukosa darah melalui pembentukan stress perception yang tepat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 87/18 Les p
Uncontrolled Keywords: yoga, spiritual mindfulness, kadar glukosa darah, kadar kortisol, tingkat stres, DM tipe II
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
TRIJATI PUSPITA LESTARI, NIM. 131614153102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantI Ketut Sudiana, Prof. Dr., M.si.UNSPECIFIED
ConsultantAbu Bakar, Dr., M.Kep., Ns., Sp.Kep.MBUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:46
Last Modified: 10 Jan 2019 07:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78306
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item