PERANAN LAPORAN LABA RUGI PER SEGMEN PRODUK SEBAGAI INFORMASI BAGI MANAJEMEN UNTUK MENILAI KINERJA PRODUK : STUDI KASUS PADA PT "X" DI SIDOARJO

Samsu Harudi, 049912856 E (2007) PERANAN LAPORAN LABA RUGI PER SEGMEN PRODUK SEBAGAI INFORMASI BAGI MANAJEMEN UNTUK MENILAI KINERJA PRODUK : STUDI KASUS PADA PT "X" DI SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-harudisams-7633-a29607-k.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-harudisams-7633-full-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring berkembangnya perekonomian ke arah perekonomian yang berbasis pengetahuan, maka perusahaan yang memproduksi produk-produk yang beragam diharapkan pada produk-produk berkualitas dan harus menghasilkan laba sehingga perlu adanya prioritas untuk menentukan produk mana yang perlu ditingkatkan produksinya dan produk mana yang perlu dikurangi atau bila perlu tidak diproduksi. Untuk itu perlu adanya analisis terhadap masing-masing lini produk. Dengan adanya fenomena ini maka peneliti tertarik untuk meneliti mengenai peranan laporan laba rugi per segmen produk sebagai informasi bagi managemen untuk menilai kinerja produk dengan mengambil obyek penelitian di PT "X" Sidoarjo. Kondisi yang sebenarnya dalam perusahaan agar dapat terungkap maka diperlukan bentuk laporan tambahan yang disebut laporan laba rugi per segmen dan produk untuk menilai kinerja produk. Penilaian terhadap kinerja lini produk menurut Hansen and Mowen dalam buku Management Accounting didasarkan pada produk marjin segmen produk tersebut. Dalam beberapa buku manajemen keuangan yang lain karangan Weston dan Copeland menegaskan perlunya analisis rasio guna menilai kinerja suatu segmen. Untuk itu dalam mengukur kinerja segmen produk digunakan rasio dari produk marjin lini produk tersebut. Dengan penilaian rasio ini maka kemungkinan suatu lini produk dengan sumbangan laba yang besar mempunyai kinerja lebih rendah dari pada produk dengan sumbangan laba lebih kecil hal ini dipengaruhi oleh angka penjualannya. Laporan laba rugi per segmen produk telah digunakan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan laporan laba rugi per segmen akan mengetahui kinerja masing-masing produk baik jangka panjang maupun pendek sehingga tugas manajemen dalam proses pengambilan keputusan, pengendalian dan evaluasi dapat lebih mudah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.296/07 Har p FULL TEXT TIDAK LENGKAP
Uncontrolled Keywords: BUSSINES ENTERPRISES-FINANCE; FINANCIAL STATEMENT
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Samsu Harudi, 049912856 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dra.,Hj.,M.Si.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 13 Oct 2008 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 23:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7836
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item