PENGARUH PEMBERIAN OLAHAN MINUMAN BUAH SEMANGKA MERAH TERHADAP INDEKS KELELAHAN OTOT PADA ATLET SEPAK BOLA

MOCHAMMAD RIZAL, 101611223025 (2018) PENGARUH PEMBERIAN OLAHAN MINUMAN BUAH SEMANGKA MERAH TERHADAP INDEKS KELELAHAN OTOT PADA ATLET SEPAK BOLA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FKM GZ 34 18 Riz p ABSTRAK.pdf

Download (21kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FKM GZ 34 18 Riz p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah yang sering dialami oleh atlet sepak bola adalah kelelahan otot sehingga akan berdampak pada performa dan prestasinya. Semangka merah mengandung asam amino sitrulin yang berperan dalam mendetoksifikasi amonia dan asam laktat sehingga dapat membantu mengurangi kelelahan otot. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemberian olahan minuman buah semangka merah terhadap indeks kelelahan otot pada atlet sepak bola. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain crossover. Sebanyak 26 atlet sepak bola SMA berusia 15-17 tahun yang memenuhi kriteria inklusi dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok perlakuan diberikan 500 ml olahan minuman buah semangka merah sedangkan plasebo 500 ml olahan minuman sirup sukrosa merah masing-masing selama 7 hari kemudian dilakukan crossover. Metode Running-Based Anaerobic Test (RAST) dilakukan untuk mengukur indeks kelelahan otot sebelum dan setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil indeks kelelahan otot yang signifikan pada kelompok sebelum dan setelah pemberian olahan minuman buah semangka merah (p<0,001) dibandingkan dengan kelompok sebelum dan setelah pemberian plasebo (p=0,495). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian olahan minuman buah semangka merah dapat mengurangi kelelahan otot pada atlet sepak bola. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut misalkan mengenai pengaruh berbagai durasi dan porsi atau dosis pemberian olahan minuman buah semangka merah terhadap indeks kelelahan otot atau variabel performa olahraga yang lain pada atlet sepak bola maupun pada atlet cabang olahraga yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM GZ 34/18 Riz p
Uncontrolled Keywords: atlet sepak bola, semangka merah, sitrulin, kelelahan otot
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Program Studi Gizi
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMMAD RIZAL, 101611223025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrias Mahmudiono, , S.KM., M.PH (Nutr.)., GCAS., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 11 Jan 2019 03:10
Last Modified: 05 Sep 2023 02:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78380
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item