IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA ZIS (ZAKAT, INFAQ, SHADAQOH) LAZNAS NURUL HAYAT DALAM PEMBERDAYAAN PETERNAK DOMBA DI KABUPATEN MALANG

AIDA DWI ARIDANI, 041411431056 (2018) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA ZIS (ZAKAT, INFAQ, SHADAQOH) LAZNAS NURUL HAYAT DALAM PEMBERDAYAAN PETERNAK DOMBA DI KABUPATEN MALANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (25kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 135-18 Ari i.pdf
Restricted to Registered users only until 11 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pengelolaan dana ZIS (Zakat, Infaq, Shadaqah) LAZNAS Nurul Hayat Surabaya dalam program pemberdayaan peternak domba di Kabupaten Malang dengan menggunakan Undangundang Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, serta indikator materi dan non materi yang didapat oleh peterna domba binaan yang tergolong dalam fakir dan miskin. Penelitian ini mengguanakan metode kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus secara deskriptif. Objek dari penelitian ini adalah LAZNAS Nurul Hayat Surabaya dimana data diperoleh berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada 6 informan yang terdiri dari Manajer Ekonomi Berdaya, Manajer fundrising, Manajer BMT, Koordinator Peternak, dan 2 orang peternak pemula binaan LAZNAS Nurul Hayat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengelolaan dana ZIS LAZNAS Nurul Hayat telah memenuhi prinsip dalam Undang-undang No 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan telah memenuhi indikator keberhasilan pemberdayaan dengan sumber dana yang berasal dari Zakat produktif, Infaq, serta Shadaqoh dan dialokasikan kepada para peternak pemula yang bermata pencaharian sebagai buruh harian, untuk kemudian diberdayakan melalui pemberian modal usaha Ternak Desa Berdaya. Program Ternak Desa Berdaya sendiri direalisasikan menggunakan akad qardhul hasan dengan kontrak program selama 4 bulan tidak hanya itu dengan tujuan akhir domba-domba harus mencapai berat badan yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 135/18 Ari i
Uncontrolled Keywords: Penengelolaan, Amil Zakat, Pemberdayaan, Zakat produktif
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
AIDA DWI ARIDANI, 041411431056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSunan Fanani, S. Ag., M. PdIUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 11 Jan 2019 06:49
Last Modified: 11 Jan 2019 06:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78421
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item