PENGARUH PEMBERIAN SINBIOTIK PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP RETENSI PROTEIN DAN RETENSI LEMAK IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.)= THE EFFECTS OF GIVING SYNBIOTIC ON COMMERCIAL FEED TO PROTEIN RETENTION AND FAT RETENTION OF DUMBO CATFISH (Clarias sp.)

HELIDA SYEVIDIANA, 141411133002 (2018) PENGARUH PEMBERIAN SINBIOTIK PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP RETENSI PROTEIN DAN RETENSI LEMAK IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.)= THE EFFECTS OF GIVING SYNBIOTIC ON COMMERCIAL FEED TO PROTEIN RETENTION AND FAT RETENTION OF DUMBO CATFISH (Clarias sp.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text (FULL TEXT)
PK. BP. 164-18 Sye p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lele dumbo (Clarias sp.) merupakan salah satu komoditas perikanan air tawar Indonesia yang memiliki nilai ekonomis penting. Ikan ini cukup potensial untuk dibudidayakan secara komersial karena tingkat pertumbuhannya cepat. Permintaan untuk ketersediaan ikan lele dumbo menunjukan peningkatan signifikan setiap tahunnya. Untuk meningkatkan hasil produksi ikan lele dumbo diperlukan pakan yang berkualitas, pakan merupakan salah satu komponen penting yang mempengaruhi kegiatan produksi, sehingga diperlukan pengelolaan secara efektif dan efisien. salah satunya ialah dengan penambahan sinbiotik. Sinbiotik merupakan pengembangan ransum konvensional dengan penggabungan probiotik dan prebiotik yang diberikan secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sinbiotik pada pakan komersial terhadap peningkatan retensi protein dan lemak ikan lele dumbo (Clarias sp.). Penelitian ini dilakukan secara eksperimental, rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari empat perlakuan dengan lima ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah pakan komersial yang diberi sinbiotik dengan dosis yang berbeda. Pada penelitian ini jumlah dosis sinbiotik yang diberikan pada pakan komersial adalah P0 (tanpa pemberian sinbiotik), P1 0,5 dosis (0,25ml probiotik + 0,0125gr prebiotik), P2 1 dosis (0,5ml probiotik + 0,0250gr prebiotik) dan P3 2 dosis (1ml probiotik + 0,0500gr prebiotik). Data yang didapat akan dianalisis menggunakan Analysis of Variant (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian sinbiotik pada pakan komersial menunjukkan hasil yang berbeda sangat nyata (p<0,01) terhadap retensi protein ikan lele dumbo (Clarias sp.) dan tidak berbeda nyata (p>0,05) terhadap retensi lemak ikan lele dumbo (Clarias sp.).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP. 164/18 Sye p
Uncontrolled Keywords: sinbiotik; pakan komersial
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
HELIDA SYEVIDIANA, 141411133002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Arief, Ir., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorIwan Sahrial Hamid, Dr. drh ., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 11 Jan 2019 08:21
Last Modified: 11 Jan 2019 08:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78455
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item