SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAHAN BAKU RATU GALERI KONVEKSI SURABAYA

NINDIA FIKA RIZKY PRAWESTI, 151511513008 (2018) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAHAN BAKU RATU GALERI KONVEKSI SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FV SI 13_18 Pra s Abstrak.pdf

Download (266kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV SI 13_18 Pra s.pdf
Restricted to Registered users only until 11 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem informasi manajemen bahan baku Ratu Galeri Konveksi Surabaya bertujuan membantu proses pengelolaan data bahan baku menjadi lebih mudah dan meminimalkan terjadinya kesalahan dalam pencatatan data. Sistem ini menangani lima proses utama yaitu proses pemesanan bahan baku, proses pembayaran bahan baku, proses penerimaan bahan baku, proses pencatatan produksi dan proses pembuatan laporan. Pembuatan sistem ini membutuhkan 5 tahap. Tahap pertama adalah identifikasi kebutuhan yang dilakukan dengan melakukan wawancara dan analisis dokumen. Tahap kedua adalah analisis permasalahan sistem saat ini dengan membuat diagram fishbone. Tahap ketiga adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Document Flow Diagram (Docflow), Hierarchy Chart yang mempunyai lima proses utama dan Data Flow Diagram (DFD). Desain database dibuat menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 15 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang menghasilkan 15 tabel. Berdasarkan desain tersebut, kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat adalah implementasi sistem menggunakan Flow Chart, serta mengimplementasikan desain ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba sistem yang dimulai dari proses pemesanan bahan baku, proses pembayaran bahan baku, proses penerimaan bahan baku, proses pencatatan produksi dan proses pembuatan laporan. Berdasarkan hasil pengujian Sistem Informasi Manajemen Bahan Baku Ratu galeri Konveksi Surabaya telah sesuai dengan kebutuhan fungsional yaitu menangani beberapa proses bisnis secara lebih mudah dan dapat menampilkan laporan secara tepat melalui proses terkomputerisasi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI 13/18 Pra s
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Manajemen, Pemesanan, Pembayaran, Penerimaan, Pencatatan Produksi, Laporan.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
NINDIA FIKA RIZKY PRAWESTI, 151511513008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorARMY JUSTITIA, S.Kom., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 11 Jan 2019 10:27
Last Modified: 11 Jan 2019 10:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78489
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item