FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENCEGAHAN PENGGUNAAN NAPZA PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

FEBRIYATI KUSUMA NINGSIH, 101411131020 (2018) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENCEGAHAN PENGGUNAAN NAPZA PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Abstrak)
FKM. 360-18 Nin f Abstrak.pdf

Download (65kB)
[img] Text (Fulltext)
FKM. 360-18 Nin f.pdf
Restricted to Registered users only until 11 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyalahgunaan NAPZA di Surabaya menjadi salah satu permasalahan yang cukup tinggi. Permasalahan tersebut sering terjadi pada usia 10 –19 tahun yang merupakan kelompok usia pelajar. Perlu adanya perilaku pencegahan dalam penggunaan NAPZA. Perilaku pencegahan dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pencegahan penggunaan NAPZA pada remaja Sekolah Menengah Pertama. Teori Snehandu B. Karr merupakan dalah satu teori yang digunakan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku individu. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis observasional. Penelitian dilakukan pada 77 siswa di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Surabaya. Responden dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Penelitian dilakukan dengan cara memberikan kuesioner untuk mendapat informasi tentang variabel penelitian. Variabel independen dalam penelitian ini adalah karakteristik responden, behavior intention (niat), social support (dukungan sosial), accesibility of information (akses informasi) dan personal autonomy (otonomi pribadi). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah perilaku pencegahan penggunaan NAPZA. Uji statistik dengan menggunakan uji regresi logistik sederhana. Uji tersebut digunakan untuk melihat pengaruh dari varibel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi perilaku pencegahan penggunaan NAPZA pada remaja adalah dukungan keluarga (p=0,031). Dukungan teman memiliki pengaruh terhadap perilaku pencegahan penggunaan NAPZA (p=0,012). Akses informasi melalui PIK-Remaja memiliki pengaruh terhadap perilaku pencegahan penggunaan NAPZA (p=0,041). Serta personal autonomy (otonomi pribadi) memiliki pengaruh terhadap perilaku pencegahan penggunaan NAPZA (p=0,018). variabel independen yang lain tidak memiliki pengaruh pada perilaku pencegahan penggunaan NAPZA. Kesimpulan pada penelitian ini didapat faktor yang mempengaruhi perilaku pencegahan penggunaan NAPZA diantaranya dukungan keluarga, teman, akses informasi melalui PIK-Remaja serta personal autonomy (otonomi pribadi) pada siswa siswi Sekolah Menengah Pertama di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 360-18 Nin f
Uncontrolled Keywords: Sekolah Menengah Pertama, Remaja, Perilaku Pencegahan Penggunaan NAPZA.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF207-209 Psychotropic Drugs
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
FEBRIYATI KUSUMA NINGSIH, 101411131020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Widati, Dr., S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 12 Jan 2019 05:34
Last Modified: 12 Jan 2019 05:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item