PENGARUH PERENDAMAN EKSTRAK BUAH MENGKUDU Morinda citrifolia L. TERHADAP HISTOPATOLOGI ORGAN INSANG DAN HATI IKAN NILA Oreochromis niloticus

ELISTIANTI DEWI, 141611123007 (2018) PENGARUH PERENDAMAN EKSTRAK BUAH MENGKUDU Morinda citrifolia L. TERHADAP HISTOPATOLOGI ORGAN INSANG DAN HATI IKAN NILA Oreochromis niloticus. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
PK BP.105 18 Dew p-ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP.105 18 Dew p-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Adanya zat asing berupa ekstrak buah mengkudu yang diterima oleh ikan dari lingkungannya dapat mempengaruhi struktur sel atau jaringan. Telah diketahui dengan baik bahwa perubahan insang ikan adalah salah satu tanggapan yang paling umum dikenali terhadap zat asing pada lingkungan. Organ hati sangat rentan terhadap pengaruh zat kimia dan merupakan organ tubuh yang sering mengalami kerusakan dan kelainan struktur histologi hati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak buah mengkudu terhadap perubahan histopatologi organ insang dan hati ikan nila. Ekstrak buah mengkudu yang akan digunakan merupakan ekstrak aqueous. Pengambilan sampel organ insang dan hati ikan uji dilakukan setelah perendaman selama 24 jam dan 96 jam. Pembuatan preparat histologi dilakukan dengan menggunakan pewarnaan Hematoxylin dan eosin. Hasil dari penelitian menunjukkan kerusakan tingkat berat yaitu 51-100% jaringan insang ikan nila terdapat pada perlakuan E (5,2g/L) dan F (6,0 g/L), sedangkan pada perlakuan A hingga D kerusakan jaringan masih dalam kategori normal hingga sedang. Perubahan histopatologi yang terjadi berupa edema, deskuamasi, telangiektasis, hyperplasia, nekrosis dan fusi lamella. Kerusakan jaringan hati ikan nila yang teramati pada perlakuan E (5,2 g/L) dan F (6,0 g/L) termasuk dalam kategori berat, sedangkan pada perlakuan A hingga D masih dalam kategori ringan hingga sedang. Keruskakan jaringan hati yang terjadi berupa vakuolisasi, kongesti, dan nekrosis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan adanya pengarruh perendaman ekstrak buah mengkudu terhadap histopatologi insang dan hati ikan nila. semakin tinngi konsentrasi ekstrak buah mengkudu yang diberikan pada ikan nila semakin banyak perubahan histopatologi yang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP.105/18 Dew p
Uncontrolled Keywords: BUAH MENGKUDU, IKAN NILA
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
ELISTIANTI DEWI, 141611123007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAkhmad Taufiq Mukti, Dr., S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorLaksmi Sulmartiwi,, Dr., S.Pi, MP.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 14 Jan 2019 01:54
Last Modified: 14 Jan 2019 01:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78564
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item