Reaksi Pasar Modal Terhadap Pengesahan Kebijakan Tax Amnesty Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia (Issi)

MUHAMMAD SATRIYO WIBOWO, 041411431035 (2018) Reaksi Pasar Modal Terhadap Pengesahan Kebijakan Tax Amnesty Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia (Issi). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (34kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 150-18 Wib r.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode event study (studi peristiwa) yang bertujuan untuk mengetahui reaksi investor di pasar modal syariah (Indeks Saham Syariah Indonesia) sebelum dan sesudah adanya peristiwa pengumuman kebijakan Tax Amnesty dengan menggunakan indikator abnormal return dan trading volume activity. Periode pengamatan penelitian selama 21 hari bursa saham, yaitu 10 hari sebelum peristiwa, satu hari pada saat peristiwa dan 10 hari sesudah peristiwa pengumuman Tax Amnesty. Melalui proses purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 emiten yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia. Metode perhitungan expected return yang digunakan adalah market adjusted model (indeks pasar ISSI). Uji analisis dalam penelitian ini menggunakan paired sample t-test untuk variabel abnormal return dan wilcoxon signed rank test untuk variabel trading volume activity dengan tingkat signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan positif pada abnormal return dan trading volume activity di setelah pengumuman Tax Amnesty dengan hasil uji dibawah nilai signifikan 5%, yaitu abnormal return sebesar 0.0365 dan trading volume activity sebesar 0,0001. Hasil tersebut menunjukkan bahwa investor menganggap pengumuman Tax Amnesty memiliki kandungan informasi yang baik (good news) bagi perkembangan perekonomian kedepan khususnya dunia pasar modal, sehingga memicu reaksi pasar modal yang positif yang digambarkan dengan kenaikan abnormal return dan trading volume activity.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI. 150/18 Wib r
Uncontrolled Keywords: Studi Peristiwa, Saham Syariah, Tax Amnesty, Abnormal Return, Trading Volume Activity.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD SATRIYO WIBOWO, 041411431035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPuji Sucia Sukmaningrum, S.E., CIFPUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 14 Jan 2019 02:29
Last Modified: 14 Jan 2019 02:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78584
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item