IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DAN PEMBERDAYAAN DANA ZAKAT DALAM PROGRAM MANFAAT MITRA MANDIRI (M3) : STUDI KASUS BAITUL MAAL MANFAAT SURABAYA

YURINA DEWI ANDARU, 041411431009 (2018) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DAN PEMBERDAYAAN DANA ZAKAT DALAM PROGRAM MANFAAT MITRA MANDIRI (M3) : STUDI KASUS BAITUL MAAL MANFAAT SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (30kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 152-18 And i.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pengelolaan dan pemberdayaan dana zakat dalam program Manfaat Mitra Mandiri (M3) di Baitul Maal Manfaat Surabaya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dimana penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara, dokumentasi dan observasi langsung. Objek dalam penelitian ini adalah Baitul Maal Manfaat Surabaya dimana data diperoleh berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada 8 informan yang terdiri dari penanggungjawab program Manfaat Mitra Mandiri (M3), amil zakat, manajer umum, 4 mustahik, dan penanggungjawab program LAZ Yatim Mandiri. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengelolaan dan pemberdayaan dana zakat dalam program Manfaat Mitra Mandiri (M3) telah memenuhi prinsip dalam Undang-Undang No 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan telah memenuhi indikator keberhasilan pemberdayaan dengan sumber dana yang berasal dari zakat yang dialokasikan kepada mustahik yaitu ibu-ibu janda yang telah memiliki usaha. Mustahik tersebut kemudian diberdayakan melalui pemberian pinjaman untuk penguatan modal usaha. Program Manfaat Mitra Mandiri (M3) direalisasikan dengan bekerjasama dengan mitra untuk menyalurkan dana zakat kepada mustahik yang setelah itu, mustahik harus membayar angsuran pinjamannya setiap 1 bulan sekali jangka waktunya hingga 10 bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI. 152/18 And i
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pengelolaan, Dana Zakat, Baitul Maal, Mustahik
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
YURINA DEWI ANDARU, 041411431009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Karjadi Mintaroem, Drs. Ec., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 14 Jan 2019 02:39
Last Modified: 14 Jan 2019 02:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78593
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item