UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL KULIT BUAH NAGA MERAH Hylocereus polyrhizus (Weber) TERHADAP Aeromonas hydrophila SECARA IN VITRO = ANTIBACTERIAL ACTIVITY TEST OF ETHANOL EXTRACT OF RED DRAGON FRUIT PEELS Hylocereus polyrhizus (Weber) AGAINST Aeromonas hydrophila IN VITRO

NURUL JAZIROH, 141411131109 (2018) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL KULIT BUAH NAGA MERAH Hylocereus polyrhizus (Weber) TERHADAP Aeromonas hydrophila SECARA IN VITRO = ANTIBACTERIAL ACTIVITY TEST OF ETHANOL EXTRACT OF RED DRAGON FRUIT PEELS Hylocereus polyrhizus (Weber) AGAINST Aeromonas hydrophila IN VITRO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text (FULL TEXT)
PK. BP. 177-18 Jaz u.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit Motile Aeromonas Septicemia (MAS) merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri A.hydrophila atau bisa disebut dengan penyakit bercak merah. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mulai dari menjaga kualitas air, membersihkan sarana dan prasarana budidaya secara berkala, karantina, hingga penggunaan antibiotik. Penggunaan antibiotik terus-menerus menyebabkab organisme patogen menjadi resisten. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu menggunakan bahan alam seperti tumbuhan yang memiliki sifat antibakteri. Pemanfaatan limbah dari tumbuhan dapat mengurangi angka pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah. Salah satu limbah tersebut adalah kulit buah naga merah. kulit buah naga merah memiliki beberapa kandungan nutrisi dan senyawa aktif antara lain yaitu tannin, flavonoid dan alkaloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi ekstrak etanol kulit buah naga merah sebagai antibakteri dan mengetahui konsentrasi efektif yang mampu menghambat bakteri Aeromonas hydrophila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dan analisa data menggunakan ANAVA kemudian uji lanjut Duncan. Parameter utama pada penelitian ini adalah diameter zona hambat yang terbentuk pada petri disk. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak etanol kulit buah naga merah memiliki potensi antibakteri terhadap bakteri A.hydrophila. Pada konsentrasi 10 mg/ml diameter zona hambat yang terbentuk yaitu 11.07 mm; konsentrasi 5 mg/ml 10.17 mm; konsentrasi 2.5 mg/ml 9.40 mm; konsentrasi 1.25 mg/ml 8.54 mm; kontrol positif Antibiotik Gentamisin 20.99 mm, dan kontrol negatif DMSO 10% tidak terdapat zona hambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK. BP. 177/18 Jaz u
Uncontrolled Keywords: Anti bakteri; kulit buah naga
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
NURUL JAZIROH, 141411131109UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahayu Kusdarwati, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorDidik Handijatno, drh., M.S., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 14 Jan 2019 03:33
Last Modified: 14 Jan 2019 03:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78622
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item