ANALISIS PRODUKSI DAN SISTEM PEMASARAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI KECAMATAN LINGSAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT, NUSA TENGGARA BARAT

NADHILA RAMADHA PUTRI, 141411131165 (2018) ANALISIS PRODUKSI DAN SISTEM PEMASARAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI KECAMATAN LINGSAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT, NUSA TENGGARA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.126-18 Put a ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.126-18 Put a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan budidaya merupakan salah satu pengembagan usaha bidang perikanan. Upaya pengembangan budidaya dilakukan dengan peningkatan produksi budidaya dan tetap memperhatikan indikator penting yaitu modal, lahan, tenaga kerja, benih, pakan dan teknologi. Peningkatan produksi bertujuan untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat. Permintaan pasar yang tidak menentu akan mempengaruhi sistem pemasaran. Kegiatan pemasaran akan sangat berpengaruh terhadap pendapatan pembudidaya karena terkait langsung dengan tingkat harga yang diterima pembudidaya. Penyampaian komoditas dari produsen ke konsumen terdapat beberapa kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran, sehingga hal tersebut dapat menunjukkan panjang pendeknya saluran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi budidaya ikan Nila kolam air deras dan mengetahui sistem pemasaran ikan Nila di Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan regresi liner berganda serta teknik snowball. Responden yang digunakan sebanyak 50 orang pembudidaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi budidaya ikan Nila di Kecamatan Lingsar sangat dipengaruhi oleh dua variabel yaitu dari jumlah pakan yang diberikan dan jumlah tenaga kerja yang digunakan. Produksi budidaya dapat juga ditentukan oleh proses pemasaran, proses pemasaran ikan Nila yang efektif di Kecamatan Lingsar apabila dilihat dari nilai margin pemasaran dan farmer’s share yaitu pada saluran pemasaran 2 (pembudidaya → pedagang pengecer → Konsumen).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.126/18 Put a
Uncontrolled Keywords: sistem pemasaran, analisis produksi
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
NADHILA RAMADHA PUTRI, 141411131165UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAdriana Monica SahiduUNSPECIFIED
Thesis advisorAnnur Ahadi Abdillah, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Jan 2019 05:11
Last Modified: 15 Jan 2019 05:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78662
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item