NUR FAIZAH, 151511513017 (2018) SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA CUCI DAN PERAWATAN SEPATU “THE GIFS” SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (ABSTRAK)
FV SI 20_18 Fai s Abstrak.pdf Download (62kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FV SI 20_18 Fai s.pdf Restricted to Registered users only until 14 January 2022. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat sebuah applikasi berbasis desktop yang dapat menangani proses pelayanan jasa secara terkomputerisasi pada perusahaan “The Gifs” Surabaya sehingga sistem pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien. Sistem ini menangani enam proses utama yaitu proses pendafataran anggota, pengelolahan anggota, pelayanan jasa, pembayaran, pengelolahan bahan baku, dan pembuatan laporan. Dalam membuat Sistem Informasi Pelayanan Jasa Cuci dan Perawatan Sepatu The Gifs Surabaya dibutuhkan 5 tahap. Tahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua adalah menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan membuat diagram fishbone. Tahap ketiga adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Document Flow Diagram, Hierarchy Chart yang mempunyai empat proses utama, dan Data Flow Diagram. Sedangkan desain database dibuat menggunakan Conceptual Data Model yang menghasilkan 19 entitas dan Physical Data Model yang meghasilkan 19 tabel. Berdasarkan desain tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat adalah mengimplementasikan sistem menggunakan Flow Chart, serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba sistem yang dimulai dari proses pendafataran anggota, pengelolahan anggota, pelayanan jasa, pembayaran, pengelolahan bahan baku, dan pembuatan laporan. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Pelayanan Jasa Cuci dan Perawatan Sepatu “The Gifs” Surabaya yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada kegiatan pelayanan jasa yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis secara mudah dan dapat menampilkan laporan secara tepat.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir D3) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FV.SI 20/18 Fai s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Applikasi Berbasis Desktop, Pelayanan Jasa Cuci,Perawatan Sepatu | ||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems | ||||||
Divisions: | 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | mrs siti muzaroh | ||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2019 05:57 | ||||||
Last Modified: | 14 Jan 2019 05:57 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78678 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |