PENGARUH TERAPI AKUPUNKTUR TITIK XUEHAI (SP 10), NEITING (ST 44), HEGU (LI 4) DENGAN PENGGUNAAN MASKER TEPUNG BIJI BUNGA PUKUL EMPAT (Mirabilis Jalapa) PADA KASUS JERAWAT

SYAVIRA DWI NUR RAHMAYANTI, 151510413034 (2018) PENGARUH TERAPI AKUPUNKTUR TITIK XUEHAI (SP 10), NEITING (ST 44), HEGU (LI 4) DENGAN PENGGUNAAN MASKER TEPUNG BIJI BUNGA PUKUL EMPAT (Mirabilis Jalapa) PADA KASUS JERAWAT. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
FV.TA.PT.33-18 Rah p abstrak.pdf

Download (23kB)
[img] Text (fulltext)
FV.TA.PT.33-18 Rah p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Acne vulgaris atau biasa disebut jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sering terjadi pada remaja dan dewasa muda. Prevalensi kejadian acne vulgaris pada wanita terjadi sekitar usia 14-17 tahun. Jerawat sering menjadi tanda pertama pubertas dan dapat terjadi satu tahun sebelum menarkhe atau haid pertama jerawat adalah penyakit peradangan menahun unit pilosebase dengan gambaran klinis biasanya polimorfik yang terdiri atas berbagai kelainan kulit berupa: komedo, papul, pustul, nodul, dan jaringan parut (Kabau, 2012). Jerawat menurut TCM (Tradistional Chinese Medicine) dikategorikan menjadi dua yaitu Fei Feng Fen Ci (jerawat akibat patogen luar yaitu angin menyerang paru) atau Fen Ci (jerawat). Penyakit ini dapat disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak tepat, terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan yang berlemak dan pedas, yang menyebab panas pada lambung dan usus (Yin dan Liu, 2000). Berdasarkan anamnesa yang telah dilakukan, pasien mengalami jerawat dengan sindrom panas toksik. Penanganan jerawat tersebut menggunakan terapi akupunktur dan masker herbal. Tititk akupunktur yang digunakan yaitu Xuehai (SP 10) untuk mendinginkan darah, titik Neiting (ST 44) untuk mengurangi api dan mendetoksifikasi racun, titik Hegu (LI 4) untuk mengusir panas pada meridian Yangming yang tersebar di wajah. Terapi masker herbal tepung biji bunga pukul empat sebagai anti jerawat dan anti bakteri serta penambahan air mawar sebagai anti bakteri. Kesimpulan terapi akupunktur titik Xuehai (SP 10), Neiting (ST 44), Hegu (LI 4) dikombinasi masker tepung biji bunga pukul empat dapat menurunkan jerawat dengan sindrom panas toksik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.TA.PT.33/18 Rah p
Uncontrolled Keywords: Terapi Akupunktur, Titik Xuehai (Sp 10), Neiting (St 44), Hegu (Li 4), Masker Tepung Biji Bunga Pukul Empat (Mirabilis Jalapa)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
SYAVIRA DWI NUR RAHMAYANTI, 151510413034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Pernomo, Prof. Dr. H.UNSPECIFIED
Thesis advisorIra Arundina, Dr. , drg., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 14 Jan 2019 07:51
Last Modified: 21 Jan 2019 04:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78731
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item