AUDIT MANAJEMEN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN UNTUK MENILAI EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS FUNGSI PENJUALAN PADA PT X

DODY SUHARDlMAN, 040113868 (2008) AUDIT MANAJEMEN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN UNTUK MENILAI EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS FUNGSI PENJUALAN PADA PT X. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-suhardlman-8269-a13508.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7879.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam lingkungan persaingan yang komplek serta kemajuan teknologi dan informasi menuntut perusahaan mengembangkan sistem yang telah ada. Akan tetapi, dewasa ini banyak sistem yang dikembangkan oleh perusahaan mengalami praktik yang tidak sehat. Pada kondisi semacam ini diperlukan akuntatabilitas (accountability) untuk menekan pertanggugjawaban manajemen, karena accountability memuat peraturan dan standar yang tegas atas pelaksanaan fungsi-fungsi yang ada dalam perusahaan. Perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya memerlukan adanya kegiatan manajemen yang efisien dan efektif, agar tujuan perusahaan untuk mencapai keuntungan yang maksimal dapat tercapai. Akan tetapi tuntutan untuk menjalankan kegiatan manajemen secara efesien dan efektif didukung dengan adanya kelangkaan sumber daya, tenaga, sarana dan prasarana yang digunakan dalam mencapai tujuan perusahaan. Pada PT X di Jakarta yang bergerak di bidang penerbitan koran ini telah memiliki sistem dan prosedur penjualan untuk menjalankan kegiatan usahanya. Namun perusahaan belum melakukan audit manajemen untuk menilai efisiensi dan efektivitas pada fungsi penjualan yang ada dalam perusahaan,sehingga pihak manajemen mengalami kesulitan dalam mengendalikan masalah yang ada seperti tingginya jumlah retur koran, akibatnya anggaran perusahaan tidak kunjung tercapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data deskriptif dan data kuantitatif yang diperoleh dari sumber data primer (melalui dokumen perusahaan). Setelah itu dilakukan pengolahan dan analisis data, serta memberi makna pada analisis tersebut dengan menginterpretasikan data sehingga diperoleh gambaran mengenai teknik audit manajemen untuk menilai efisiensi dan efektivitas fungsi penjualan pada PT X Dengan adanya teknik audit manajemen, fungsi-fungsi yang ada pada perusahaan khususnya fungsi penjualan dapat berjalan efisien dan efektif sesuai dengan kriteria dan peraturan yang telah ada. Dengan begitu, audit manajemen sebagai alat bantu pihak manajemen dapat memberikan rekomendasi dan dapat segera dilakukan perbaikan terhadap fungsi penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 135 08 Suh a
Uncontrolled Keywords: MANAJEMENT AUDIT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DODY SUHARDlMAN, 040113868UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHanny Wurangian, Drs., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 06 Jan 2009 12:00
Last Modified: 13 Jul 2017 20:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7879
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item