TEKNIK PEMBUATAN SINGLE COMPLETE DENTURE RAHANG ATAS DENGAN ANTAGONIS GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPAS RAHANG BAWAH RESIN AKRILIK (PROSEDUR LABORATORIS)

NINDY AZURAH PUTRI ULIVIA, 151510513029 (2018) TEKNIK PEMBUATAN SINGLE COMPLETE DENTURE RAHANG ATAS DENGAN ANTAGONIS GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPAS RAHANG BAWAH RESIN AKRILIK (PROSEDUR LABORATORIS). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FV TKG.16 18 Lig t - ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV TKG.16 18 Lig t - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2022.

Download (911kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Single complete denture merupakan gigi tiruan lengkap lepas baik pada rahang atas atau rahang bawah yang antagonis dengan gigi asli, gigi tiruan tetap, gigi tiruan sebagian lepas ataupun gigi tiruan lengkap lepas yang sudah ada. Perencanaan perawatan single complete denture membutuhkan evaluasi karena banyak kesulitan yang dihadapi terutama pada single complete denture dengan antagonis gigi asli. Tujuan: Studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui teknik pembuatan single complete denture rahang atas dengan antagonis gigi tiruan sebagian lepas rahang bawah dengan benar. Tinjauan pustaka: Berhasilnya single complete denture yang digunakan oleh pasien bergantung pada banyak variabel, namun tiga faktor menonjol dalam hal keberhasilan funsional yaitu retensi, stabilitas dan dukungan. Dalam single complete denture yang terpenting adalah keseimbangan oklusi, jika tidak maka mutlak terjadi fraktur pada gigi tiruan dan resorbsi yang dari residual bone. Kasus: Pada kasus ini akan dibuatkan single complete denture rahang atas dengan antagonis rahang bawah yang masih terdapat gigi asli. sehingga dokter gigi perlu menggerinda gigi anterior rahang bawah dan di dapatkan gigi anterior rahang bawah insisalnya rata sehingga memudahkan pada saat penyusunan gigi. Kesimpulan: Teknik pembuatan single complete denture rahang atas yang paling penting adalah tahap penyusunan gigi karena pada kasus ini masih ada gigi asli anterior rahang bawah sebagai antagonisnya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.TKG.16/18 Uli t
Uncontrolled Keywords: Single complete denture, antagonis gigi asli, resin akrilik.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
R Medicine > RK Dentistry > RK520-528 Orthodontics
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Teknik Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM
NINDY AZURAH PUTRI ULIVIA, 151510513029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorOkti Setyowati, drg.,M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorDwiyanti FR, drg.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 15 Jan 2019 06:12
Last Modified: 17 Jan 2019 07:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78820
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item