PERANAN ALAT PELINDUNG DIRI SEBAGAI MEDIA KESELAMATAN KERJA DALAM PEMBUATAN GTL DAN GTKL DI LABORATORIUM GIGI

MAHOGANY ADJENG PAMBAYUN, 151510513003 (2018) PERANAN ALAT PELINDUNG DIRI SEBAGAI MEDIA KESELAMATAN KERJA DALAM PEMBUATAN GTL DAN GTKL DI LABORATORIUM GIGI. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FV. TKG. 12-18 Pam p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Tahapan pembuatan GTL dan GTKL memiliki resiko kecelakaan kerja dilaboratorium gigi. Faktor bahaya kecelakaan kerja pada pembuatan GTL dan GTKL, yaitu gangguan mata, gangguan pendengaran, gangguan kulit, gangguan pernafasan. Pengendalian bahaya kecelakaan kerja yang dapat digunakan salah satunya adalah penggunaan Alat Pelindung Diri. Kelengkapan Alat Pelindung Diri di laboratorium gigi sehubungan dengan pembuatan GTL dan GTKL yang diwajibkan adalah pelindung mata, wajah, pernafasan, telinga, badan. Tujuan: untuk mengetahui lebih luas tentang pentingnya alat pelindung diri serta fungsi kegunaan masing-masing alat dalam proses berlangsungnya pekerjaan pembuatan GTL dan GTKLdi laboratorium gigi. Tinjauan Pustaka: Alat Pelindung Diri (APD) adalah suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk melindungi seseorang yang berperan untuk mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di laboratorium gigi. Jenis-jenis Alat Pelidung Diri harus disesuaikan dengan aktivitas yang dikerjakan agar masing-masing Alat Pelindung Diri dapat berperan semaksimal mungkin. Kesimpulan: Alat Pelindung Diri berperan sebagai pengendalian bahaya yang dapat digunakan dalam tahapan GTL dan GTKL pada laboratorium gigi. Penyuluhan tentang APD seharusnya dilakukan untuk meningkatkan pemahaman teknisi gigi tentang pentingnya Alat Pelindung Diri pada saat pengerjaan GTL, dan GTKL, karena tidak semua teknisi gigi memahami peranan penting Alat Pelindung Diri. Kata kunci: Alat Pelindung Diri, Gigi Tiruan Lengkap, Gigi Tiruan Kerangka Logam, Teknisi Gigi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV. TKG. 12/18 Pam p
Uncontrolled Keywords: Alat Pelindung Diri, Gigi Tiruan Lengkap, Gigi Tiruan Kerangka Logam, Teknisi Gigi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN275-325 Practical mining operations. Safety measures
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Teknik Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM
MAHOGANY ADJENG PAMBAYUN, 151510513003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang K, drg.,M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorOkti Setyowati, drg.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Jan 2019 02:13
Last Modified: 16 Jan 2019 02:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78952
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item