LATIHAN AMBULASI PADA PASIEN POST OPERASI FRAKTUR FEMUR

LYLA IFFA OKTAVIA, 151510213003 (2018) LATIHAN AMBULASI PADA PASIEN POST OPERASI FRAKTUR FEMUR. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FV FST 23 18 Okt L - ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV FST 23 18 Okt L - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 16 January 2022.

Download (514kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Fraktur adalah terjadinya suatu diskontinuitas yang terjadi pada struktur tulang. Penyebab terbanyak fraktur adalah kecelakaan. Menurut Depkes fraktur pada extremitas bawah terbanyak pada tulang femur. Penanganan pada fraktur femur dapat dilakukan dengan metode konservatif dan metode operatif. Metode operatif menggunakan intervensi pembedahan dalam bentuk reduksi terbuka atau bisa dikombinasikan dengan internal fiksasi. Tujuan dari penanganan fisioterapi adalah meningkatkan kapasitas fisik dan mengembalikan kemampuan fungsional. Salah satu problem kemampuan fungsional dari fraktur femur adalah gangguan ambulasi. Ambulasi adalah aktivitas berjalan. Selain problem ambulasi, adapun problem kapasitas fisik pada pasien post operasi fraktur femur yaitu oedema, keterbatasan luas gerak sendi, dan penurunan kekuatan otot. Pada studi kasus kali ini yaitu seorang pasien berumur 21 tahun mengalami fraktur suprakondiler femur sinistra dan mengalami problem gangguan ambulasi serta beberapa komplikasi seperti nyeri, adanya oedema, keterbatasan luas gerak sendi, penurunan kekuatan otot, setelah dilakukan intervensi fisioterapi berupa ankle pumping, active ROM exercise, strengthening exercise, hold relax, dan latihan ambulasi selama enam kali terapi didapatkan beberapa perbaikan diantaranya penurunan nyeri, penurunan oedema yang tidak signifikan, sedikit peningkatan luas gerak sendi dan peningkatan kemampuan ambulasi pasien.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV. FST 23/18 Okt l
Uncontrolled Keywords: Fraktur Femur ,Intervensi, Ambulasi.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
LYLA IFFA OKTAVIA, 151510213003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYudith Dian Prawitri,, dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorNeny Erlawati, SST.FTUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 16 Jan 2019 02:56
Last Modified: 18 Jan 2019 01:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78966
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item