MODEL INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF CAPAIAN PEMBELAJARAN

DALIMAN, 111317127308 (2018) MODEL INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF CAPAIAN PEMBELAJARAN. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Dis. Psi. 09-18 Dal m Abstrak.pdf

Download (329kB)
[img] Text (Fulltext)
Dis. Psi. 09-18 Dal m.pdf
Restricted to Registered users only until 16 January 2022.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendapatkan dan menganalisis model intensi berwirausaha mahasiswa menurut teori Planned Behavior ditinjau dari pengetahuan dan keterampilan sebagai capaian pembelajaran kewirausahaan, dengan mediasi tunggal atau kombinsi yaitu nilai akhir prestasi belajar kewirausahaan, sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku wirausaha. Penelitian dilakukan pada 507 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang mengikuti mata kuliah Kewirausahaan pada semester genap tahun 2015/2016. Data yang terkumpul dianalisis melalui analisis SEM dengan menggunakan software SmartPLS 3.2.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model intensi berwirausaha mahasiswa dipengaruhi secara bersama-sama oleh pengetahuan dan keterampilan sebagai capaian pembelajaran kewirausahaan dengan kombinasi mediasi yaitu antara nilai akhir prestasi belajar kewirausahaan bersama dengan sikap mahasiwa terhadap wirausaha, dan dipengaruhi juga oleh mediasi tunggal yaitu persepsi kontrol perilaku wirausaha mahasiswa. Hasil model penelitian ini adalah fit, yang termasuk tinggi. Hasil penelitian merekomendasikan bahwa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan psikologi khususnya tentang konsep model intensi berwirausaha ditinjau dari pengetahuan dan keterampilan sebagai capaian pembelajaran kewirausahaan yang berbeda dengan konsep teoretisnya, maka perlu diadakan penelitian lebih lanjut dengan mempertimbangkan faktor-faktor penyebab, bagi mahasiswa perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan capaian pembelajaran kewirausahaan, bagi pimpinan universitas/lembaga terkait, disarankan untuk mengembangkan modul pembelajaran mata kuliah kewirausahaan dan perlu dimasukkan atribut soft skill dalam mata kuliah-mata kuliah yang relevan dengan kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. Psi. 09-18 Dal m
Uncontrolled Keywords: Intensi berwirausaha, pengetahuan sebagai capaian pembelajaran kewirausahaan, keterampilan sebagai capaian pembelajaran kewirausahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615-715 Entrepreneurship
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
DALIMAN, 111317127308UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Zainuddin, Prof. Dr., Apt.UNSPECIFIED
Thesis advisorCholichul Hadi, Prof. Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 Jan 2019 04:24
Last Modified: 16 Jan 2019 04:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78975
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item